Selama ini banyak orang yang percaya bahwa masing-masing kita memiliki satu hal yang merupakan panggilan alam untuk masa depan kita. Artinya, bahwa dia terlahir di dunia untuk mengerjakan hal tersebut. Dari situ muncul istilah passion, yang saat ini menjadi semangat penting yang dikejar semua orang. Seakan-akan sudah kodratnya seseorang ahli hanya dalam satu bidang.

Yang belum banyak diketahui, ada orang-orang yang terlahir dengan banyak keahlian. Minat mereka tertuju pada banyak hal, sehingga pada akhirnya malah jadi bingung dengan apa yang menjadi passion mereka yang yang sebenarnya. Itulah yang dinamakan multipotensial. Beragamnya pilihan yang kamu punya ini, uniknya, justru sering membuatmu merasa bingung harus memilih yang mana. Bila kamu mengalami hal-hal di bawah ini, bisa jadi sebenarnya kamu memang seseorang yang memiliki multipotensial!

1. Pertanyaan ‘akan jadi apakah kamu di masa depan?’ sering membuatmu gelisah karena kamu merasa tidak tahu apa-apa

Menentukan masa depan tak semudah masa anak-anak dulu via tishashop.blogspot.co.id

Dulu waktu masih duduk di bangku SD, kamu bisa menjawab dengan mudah cita-cita kamu di masa depan. Jadi dokter, jadi astronot, jadi polisi, jadi apapun yang pokoknya keren dalam imajinasi anak SD. Tapi seringnya, cita-cita masa SD hanya tinggal kenangan. Semakin kamu dewasa, semakin sulit kamu memutuskan untuk jadi apa di masa depan. Hal ini sering membuatmu gelisah, karena kamu sadar bahwa usiamu terus bertambah, tapi kamu tentang dirimu sendiri, kamu justru merasa tidak tahu apa-apa.

2. Dituntut harus menemukan satu hal untuk dilakukan selamanya membuatmu cemas, sebab kamu tidak pernah tahu apa hal yang tepat untukmu

Kamu tidak pernah menemukan satu passion yang benar untukmu via blog.bdancewear.com

Advertisement

Banyak yang mengatakan bahwa setiap orang memiliki satu bakat alamiah. Satu hal yang bisa dia lakukan dengan baik meski tanpa belajar keras. Satu hal yang seolah-olah dia dilahirkan untuk melakukan hal itu seumur hidupnya. Sayangnya, sampai usiamu yang sudah dewasa, kamu masih belum tahu satu hal yang paling ‘klik’ untukmu. Kamu sudah mencoba banyak hal tentu saja, tapi dari semuanya, tidak ada yang kamu yakini sebagai satu panggilan alam untukmu.

3. Kamu punya ketertarikan pada bidang yang tidak terbatas. Segala sesuatu yang asing selalu membuatmu mudah penasaran

Kamu mudah penasaran via misscarriebell.tumblr.com

Masalah utama dari ketidakmampuanmu menemukan satu bidang yang tepat untuk dirimu adalah karena kamu memiliki ketertarikan di banyak bidang yang berlainan. Kamu adalah orang yang mudah penasaran terhadap hal-hal baru. Kamu menyukai olahraga, tapi kamu juga suka seni dan matematika. Kamu suka fotografi, tapi kamu tertarik juga untuk menekuni musik. Minatmu tidak pernah berhenti di satu bidang, apapun yang baru dan menurutmu unik, selalu membuatmu penasaran.

4. Kamu bisa melakukan banyak hal dengan baik. Orang di sekitarmu sering heran dengan keahlianmu di segala bidang

Orang menganggapmu multitalenta via www.money.id

Selama ini orang mengenalmu sebagai sosok yang serba bisa. Selain kamu punya ketertarikan di berbagai bidang yang berbeda, kamu juga bisa melakukan banyak hal dengan sama baiknya. Kamu bisa menjadi public speaker yang baik, sebaliknya, tulisanmu juga membuat orang tertarik membacanya. Kamu bisa menjahit, melukis, dan menyanyi dengan sama baiknya. Orang melihatmu sebagai sosok yang multitalenta. Anehnya, dari situ kamu justru merasa tidak bisa apa-apa. Karena dari segala hal yang bisa kamu lakukan dengan baik, kamu tidak menemukan satu yang paling baik.