Seperti yang pernah Hipwee bahas sebelumnya, meneruskan studi di luar negeri adalah cita-cita yang patut dipelihara. Mengunjungi tempat-tempat baru, berkenalan dengan orang-orang yang sama sekali berbeda latar belakang budaya, bangsa dan negaranya adalah hal yang sungguh menyenangkan. Belum lagi jika kamu berkesempatan belajar di universitas yang berkualitas. Tak hanya kehidupan yang seru, kamu juga akan mendapatkan sebaik-baiknya ilmu.

Saat ini semakin banyak beasiswa untuk anak muda Indonesia yang ingin meneruskan studi ke luar negeri. Di antara beasiswa yang terkenal dan paling banyak diperebutkan adalah Erasmus Mundus dari pemerintah Uni Eropa dan Monbukagakusho dari Jepang. Karena kursi beasiswa-beasiswa ini jauh lebih sedikit daripada pelamarnya, tak jarang pelamar yang berkualitas sekalipun harus ‘terpental’ dan kecewa.

Namun jangan khawatir, karena beasiswa-beasiswa yang ditawarkan sebenarnya bukan hanya itu EM atau Monbu saja. Pada artikel ini, Hipwee ingin menunjukkan beberapa beasiswa alternatif yang tak kalah bergengsinya!

1. Turkiye Burslari adalah program beasiswa penuh yang diselenggarakan oleh pemerintah Turki untuk pelajar S1 sampai S3

Siapa yang nggak mau belajar di Turki? via kokiku.tv

Turkiye Burslari merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Turki untuk para pelajar asing yang ingin melanjutkan pendidikannya di negeri tersebut, baik untuk jenjang S1, S2, maupun S3. Pembukaan beasiswa ini biasanya berlangsung antara bulan Maret setiap tahunnya. Beasiswa ini bersifat penuh, yang artinya segala biaya kuliah dan akomodasi selama di belajar disana, ditanggung oleh pemerintah Turki. Beasiswa ini juga mencangkup hampir seluruh program studi, dari program ilmu alam, humaniora sampai keagamaan.

Advertisement

Strategi agar bisa mendapatkan beasiswa di Turki adalah dengan memilih jurusan non-eksak yang memiliki jatah kursi lebih banyak daripada pendidikan eksak (seperti Teknik, Farmasi, dan Kedokteran). Tertarik? Kamu bisa melihat informasi lebih lanjutnya di sini.

2. Study of the United States Institutes (SUSI) adalah beasiswa yang tepat untuk kamu yang tertarik di bidang jurnalisme, kerukunan beragama, sampai kehidupan masyarakat Amerika

Siapa sih yang nggak mau belajar di Amrik? via crowdfundbeat.com

SUSI adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa pascasarjana dari luar Amerika untuk belajar lebih dalam mengenai masyarakat Amerika, baik dari budaya, nilai-nilai masyarakatnya, serta institusi sosial-politiknya. Program SUSI diadakan pada beberapa universitas serta kampus yang ada di Amerika. Para kandidat akan diberi kesempatan untuk belajar dalam kurun waktu sekitar 6 minggu. Beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan Juni setiap tahunnya.

Fasilitas yang didapat untuk program beasiswa ini sendiri adalah biaya transportasi dari negara asal ke Amerika, penginapan, makan, transportasi selama serta asuransi kesehatan selama mengikuti program. Program yang ditawarkan sendiri di antaranya: Contemporary American Literature, Journalism and Media, Religious Pluralism in the United States, U.S. Culture and Society, U.S. Foreign Policy, dan U.S. Political Thought. Informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini, bisa kamu lihat di sini.

3. Hei, jangan takut bermimpi masuk Harvard. Saat ini sudah ada beasiswa dari Rajawali Foundation khusus untuk mahasiswa Indonesia.

Harvar cuy.. via www.starkinsider.com

“Masuk Harvard? Ya kali…” mungkin begitu pikiranmu. Namun jangan keder dulu. Saat ini, sudah ada lho beasiswa yang khusus diperuntukkan bagi mahasiswa asal Indonesia yang diterima di Harvard Kennedy School of Government.

Harvard Indonesia Program sebenarnya adalah program yang baru. Usianya belum genap lima tahun. Namun, program ini ambisius: ia hendak mengirimkan putra-putri terbaik Indonesia untuk belajar lebih dalam tentang kebijakan publik serta pemerintahan. Ilmu yang sudah mereka dapat di Harvard diharapkan bisa dimanfaatkan untuk kemajuan Nusantara. Jika diterima di program ini, kamu akan mendapat status sebagai seorang research fellow.

Informasi mengenai program ini dapat dilihat disini.

4. Bagi kamu yang tertarik meneruskan kuliah di Timur Tengah, bisa cobalah mendaftar beasiswa dari Qatar University

Qatar University via www.best-masters.com

Setiap tahun, Qatar University menyediakan kuota beasiswa sebesar 400 kursi untuk masyarakat internasional maupun warga Qatar. Studi berlangsung di Qatar University sesuai pilihan program yang diambil. Selain biaya kuliah yang ditanggung universitas, pihak kampus juga menyediakan fasilitas berupa asrama, transportasi, hingga tiket pesawat tahunan jika ingin pulang ke negara asal. Untuk petunjuk registrasi, kamu bisa mengeklik tautan berikut ini.

5. Sementara kamu yang ingin belajar mengenai Ilmu Sains dan Teknologi, silakan apply beasiswa di Korea Selatan

Surganya K-Pop via www.entouriste.com

Belajar di Negeri Ginseng nggak kalah keren dengan di Negeri Sakura lho. Selain program budaya dan bahasa Korea, negeri beribukota Seoul ini juga banyak menawarkan pilihan beasiswa di bidang Sains dan Teknologi. Mulai dari short course sampai pada jenjang Master, pemerintah Korea berbaik hati menawarkannya pada anak muda Indonesia. Mau mengetahui lebih lanjut mengenai beasiswa ini? Silakan cek laman resmi beasiswa pemerintah Korea di sini. Situs berbahasa Indonesianya sendiri dapat dilihat di sini. Walaupun sayangnya, mendapat beasiswa di Korea Selatan bukan berarti kamu bakal otomatis menjadi cakep seperti artis-artis K-Pop. Hehe.

Sebenarnya masih banyak beasiswa luar negeri yang jarang peminatnya yang belum sempat Hipwee cantumkan. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membuka internet serta jangan lupa ikuti tips dan trik agar bisa mendapat beasiswa keluar negeri.