Sering nggak lihat pemandangan seperti gambar di bawah ini?

Kontrasnya jarak si kaya dan si miskin via www.bloomberg.com

Eh, ini dimana? Berasa engga asing deh!

Yap, buat kamu yang ada di Jakarta pasti sering banget liat pemandangan yang nunjukin kontrasnya hidup si kaya dan si miskin seperti gambar di atas itu. Tapi tahu enggak sih, ternyata pemandangan seperti di atas itu enggak cuman dimiliki sama Indonesia aja lho!

Bahkan negara – negara seperti Amerika, Mesir dan Brazil juga punya pemandangan yang sama! Ah serius? Mereka itu kan negara – negara besar yang terkenal?

Advertisement

Yaaaah masih enggak percaya, lihat deh kontrasnya jarak si kaya dan si miskin dari berbagai negara di bawah ini!

1. Brazil

Brazil via s1.ibtimes.com

Tenda si Miskin yang menantang megahnya gedung – gedung bertingkat via 1.bp.blogspot.com

Pemandangan di atas adalah pemandangan yang bisa kamu dapati di negara penyelenggara World Cup 2014 ini, Brazil. Di kota Rio de Janeiro yang pernah menjadi ibukotanya Brazil ini kamu bisa menemukan banyak gedung – gedung bertingkat berdiri dengan gagah di sekeliling pemukiman kumuh kaum papa.

Dan ini adalah salah sudut kota Sao Paulo, kota terbesar di Brazil:

Sao Paulo via im.ft-static.com

2. Cina

Perkembangan ekonomi yang pesat di Cina ternyata tidak bisa dinikmati oleh semua rakyatnya. Di balik deretan pencakar langit yang sibuk dibangun oleh negara tirai bambu ini, terdapat beberapa masyarakatnya yang hidup dalam sebuah bis yang disulap menjadi karavan sebagai tempat tinggalnya.

3. Hong Kong

Hongkong via www.monogocoro.jp

Hongkong yang menjadi salah satu kota terkaya di dunia juga tak luput dari permasalahan ini. Setelah Kowloon ditutup, ternyata Hongkong juga masih memiliki Kowloon – Kowloon lainnya, walaupun keadaannya lebih tertata daripada Kowloon sebelumnya.

4. India

New Delhi, India via dm62zza9c93u.cloudfront.net

Pemandangan di atas adalah pemandangan yang bisa kamu temui di kota New Delhi, ibukota India. Di negara yang juga masih termasuk negara berkembang ini, kamu bisa menemukan deretan gedung perumahan yang bertetangga dengan gubuk – gubuk apa adanya.

5. Indonesia

Jakarta via www.bloomberg.com

Jakarta via im.rediff.com

Tidak jauh berbeda dengan yang ada di India, Indonesia khususnya di Jakarta kamu pasti bakalan sering mendapati bangunan – bangunan mewah yang kontras berdiri dengan keadaan sekelilingnya.

6. Mesir

Kontrasnya pemukiman yang ada di kota Kairo via www.aljazeera.com

Kairo via m2.22slides.com

Kota yang menjadi setting tempat buku Ayat – Ayat Cinta-nya Habiburrahman El Shirazy ini juga bisa didapati kontrasnya jurang si kaya dan si miskin. Di satu sisi jalan terdapat gedung bertingkat mewah sedang di seberang jalan tersebut bisa kita dapati pemukiman yang hampir menjadi reruntuhan bangunan.

7. Filipina

Kini saatnya untuk berkunjung ke ibukota negara tetangga kita, Manila! Di ibukota negara Filipina ini kamu bisa menemukan pemandangan yang tidak jauh berbeda dengan yang ada di Jakarta.

8. Mexico

Mexico via i0.wp.com

Oke, gambar di atas tampak seperti photoshop ya?! Tapi jangan salah lho, foto itu adalah foto di salah satu daerah di Mexico yang menunjukkan kontrasnya kehidupan si kaya dan si miskin di Mexico.

9. Amerika Serikat

Tenda yang digunakan kaum papa di AS via www.marketoracle.co.uk

Bahkan di negara super power seperti Amerika Serikat pemandangan yang menyuguhkan kontrasnya hidup si miskin dan si kaya jugatak bisa terelakan. Tenda – tenda yang digunakan sebagai pengganti rumah ini dibangun bersisihan dengan gedung perkantoran dan apertemen mewah.

Hmmm, miris ya setelah melihat foto – foto di atas? Tapi tunggu artikel ini bukan bermaksud untuk merusak moodmu hari ini kok, tapi artikel ini hanya ingin menunjukkan bahwa di sekelilingmu ada banyak orang yang kurang beruntung dari kamu.

Jadi mulai sekarang mulai peduli yuk sama orang yang ada di sekeliling kita, kalau belum bisa membantu sih setidaknya mulai bersyukur yuk sama hidup kamu! Be positive and Have a nice day, guys!