Tempat les tentunya gak harus sama dengan sekolahan ya. Les bisa dimana aja dan kapan aja tentunya ditempat dan waktu yang baik. Bagi Guru les, memiliki anak lesan tentu menjadi ladang penghasilan, walau sebenarnya bagi guru les tidaklah puas jika anak les hanya datang dan pulang tanpa ada perubahan kemajuan belajar dan prestasi.

Ada beberapa Tips Bikin Anak Betah di Tempat Les kita diantaranya:

1. Buatlah ruangan dengan suasana nyaman, sejuk dan segar.
2. Buatlah hiasan dinding yang menarik namun edukatif.
3. Jika yang ikut les adalah usia anak TK dan Sekolah Dasar, maka bisa mengecat dinding dengan aneka gambar yang menarik dan edukatif.
4. Jangan buat aturan yang fleksibel dan longgar.
5. Sediakan cemilan atau kue-kue yang diberi dengan bersyarat, maksudnya adalah bagi anak yang nilai bagus dan selesai pertama atau lebih dulu (jika dalam satu kelas lesan ada beberapa orang) maka akan mendapat hadiah berupa cemilan. Anak boleh makan saat belajar dengan syarat tetap foku belajar.
6. Tunjukkan atau tampilkan sikap ramah dan penuh kasih sayang pada anak.
7. Tidak membeda-bedakan anak saat belajar, walau pada kenyataannya setiap anak pasti akan diperlakukan tidak persis sama, melainkan sesuai dengan karakter dan kemampuan anak tersebut, namun usahakan anak tidak merasa dibeda-bedakan.
8. Jika anak yang di les privat hanya satu orang, maka sisipkan suasana canda ria yang riang dan terbuka agar anak pun mampu terbuka mengungkapkan apa yang mereka rasa dan pikirkan.
9. Lalukan komunikasi intens dan kerjasama dengan orang tua.
10. Sisipkan beberapa jenis games yang menarik yang tentunya ada hubungannya dengan pembelajaran, dengan kata lain ciptakan PAIKEM yaitu Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.11. Bertindak sebagai saudara dari si anak, hal itu akan membangun kedekatan kita bersama mereka
12. Sisipkan permainan ditengah-tengah pelajaran biar si anak gak merasa bosan
14. Sesekali memberikan kejutan kecil ke mereka juga bagus buat perkembangan psokologi anak les biar suasana belajar semakin luwes
15. Tulus mengajar, pastikan prestasi anak yang jadi prioritas. Sebab anak tau mana yang tulus mana yang modus

Usahakan anak yang memiliki kecerdasan lebih tidak disatukan dengan anak yang memiliki hambatan belajar agar pembelajaran lebih efektif dan maksimal. Berilah pujian dan reward lainnya yang menyenangkan hati anak. Berapapun usia mereka tapi tetap disebut anak sekolah yang diperlakukan seperti anak. Dan ketika menjadi anak di lesan kita maka perlakukan pula mereka dengan penuh kasih sayang seperti anak kita sendiri.

Membuka tempat lesan bukan hanya sekedar mencari pemasukan saja, namun cetaklah anak-anak yang berprestasi dan membanggakan dengan cara-cara cepat dan berbagai teknik pembelajaan yang diberikan, dengan demikian maka anak akan betah bertahun-tahun berada dengan kita dan tentunya bertahun-tahun itu pula kita mendapat penghasilan dari les privat.

Advertisement

Terkadang tidak setiap waktu kita selalu ada untuk mereka anak lesan kita, sebagai manusia biasa kita hanya berencana, sesekali kita ada keperluan yang mendadak sehingga tidak bisa memenuhi kewajiban, maka sediakan waktu pengganti ketidak hadiran kita agar orang tua dan anak tidak merasa dirugikan atau waktu yang tidak diisi tidak menjadi hitungan pada absen.

Sediakan berbagai fasilitas yang menunjang pada pembelajaran seperti papan tulis, buku panduan, media komputer dan internet serta media pembelajaran lainnya yang akan mempermudah pembelajaran. Semakin anak betah dan berkualitas, orang tua mereka semakin mempercayakan mereka pada kita secara berkesinambungan.

Pada intinya sih fokuslah pada Visi dan Misi utama kita mendirikan lesan dan anak pun bakal betah di tempat kita jika kita bersama mereka dengan hati dan penuh dengan kasih dan sayang.