Banjarmasin merupakan salah satu kota di pulau Kalimantan Indonesia di bagian selatan. Keindahan akan alamnya menjadikan Banjarmasin memiliki banyak tempat wisata. Dengan bentangan alam yang sebagian wilayahnya berupa hutan dan sungai membuat Banjarmasin menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Apalagi dengan kemudahan akses lokasi ke tempat wisata Banjarmasin, membuat kota ini memiliki banyak pengunjung pada setiap lokasi wisata di Banjarmasin. Di Banjarmasin sendiri telah ada bandara udara yang bernama Bandar Udara Syamsudin Noor, sehingga bila anda ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata di Banjarmasin bisa melalui jalur udara. Cara pesan tiket pesawat ke tempat wisata Banjarmasin juga telah banyak ditemukan di berbagai penerbangan pada bandara.

Berikut ini beberapa tempat wisata Banjarmasin yang harus anda kunjungi bersama keluarga:

1. Menara Pandang Di Sungai Martapura

Di pusat kota Banjarmasin anda bisa menemukan tempat wisata Banjarmasin menara pandang di sungai martapura. Manara yang tingginya sekitar 21 meter ini memiliki 4 lantai, dengan begitu bila anda berada di lantai paling atas, anda bisa melihat kota Banjarmasin yang begitu indah. Apalagi di dekat menara terdapat sungai dan patung bekantan yang sangat megah, sehingga anda bisa menikmati pemandangan itu dengan mudah.

Advertisement

Keamanan dari menara pandang di sungai martapura ini sangat terjamin. Karena pada pinggir-pinggir menara telah dibuat pagar besi yang menjamin keselamatan pengunjung, sehingga anak-anak juga bisa menaiki menara ini. Harga tiket menara pandang ini gratis, dan dibuka mulai jam 10 pagi hingga jam 9 malam waktu Indonesia tengah.

2. Museum Wasaka

Kota Banjarmasin memang memiliki tempat wisata yang sangat lengkap, karena bukan hanya menawarkan alam saja namun juga menawarkan bangunan yang memiliki fungsi yang sangat berguna. Seperti yang telah disampaikan tadi, terdapat sebuah menara di pusat kota Banjarmasin, untuk itu Banjarmasin juga menyediakan bangunan atau museum yang di dalamnya memuat cerita tentang perjuangan rakyat kalimantan selatan dalam melawan penjajahan belanda.

Museum Wasaka, berada di Jingah, Banjaramasin bagian utara. Tempat wisata Banjarmasin ini memiliki sekitar 400 benda bersejarah yang di dalamnya memuat termasuk senjata tradisional, kamera, radio, tas kuno, mesin ketik, alat masak zaman penjajahan, dan senapan angin dari kayu. Bahkan di tempat wisata Banjarmasin menara Wasaka ini juga terdapat lukisan yang secara tidak langsung menceritakan perlawanan rakyat kalimantan dalam menumpas penjajah belanda. Untuk harga tiket Museum Wasaka ini gratis dan dibuka pada jam 9 WITA.

3. Masjid Sultan Suriansyah

Di kota Banjarmasin sendiri juga menawarkan tempat wisata religi yang bisa digunakan untuk menambah pengetahuan anda. Salah satunya adalah masjid Sultan Suriansyah. Didirikan sejak dalam masa pemerintahan Sultan Syuriansyah, masjid ini memiliki bangunan yang unik dengan kaligrafi yang sangat indah dan rapi dalam penulisannya. Masjid yang berada di tepi Sungai Kuin ini juga terdapat museum, yang di dalamnya terdapat benda bersejarah pada masa Sultan Suriansyah. Di dalam masjid ini juga terdapat makan Sultan Suriansyah, sehingga anda bisa belajar sejarah sambil berziarah.

4. Kampung Sasirangan

Anda pastinya pernah mendengar kain tradisional khas kalimantan yaitu kain Sasirangan. Di kampung Sasirangan inilah merupakan produksi asli kain Sasirangan dengan kualitas terbaik, sehingga ditempat ini anda bisa membeli oleh-oleh kain tradisional kas Kalimantan dengan harga jual yang sangat terjangkau dari mulai 85 ribu hingga 250 ribu saja. Anda bisa memiliki kain Sasirangan atau kain tradisional kalimantan. Bahkan di tempat ini ada juga bisa menemukan dompet, tas dan aksesoris lainnya yang dibuat dengan bahan dasar kain Sasirangan.

Dengan wisata yang memiliki keindahan ini tentunya anda harus menyiapkan tiket pesawat online menuju tempat wisata Banjarmasin agar liburan anda bisa terlaksana dengan baik.