Percayalah, sampai sejauh ini, gue selalu liburan dengan low budget. Walau kalau dijumlah biaya yang dihabiskan memang banyak, tapi itu udah angka paling mantep!

Jadi gimana tips liburan ke luar negeri dengan budget terbatas?

1. Tahu tujuan liburanmu apa

Menurutmu, tujuan liburan itu apa? Menurut saya, inilah beberapa di antaranya:

– Melenyapkan diri dari rutinitas yang menjenuhkan

Advertisement

– Melihat kebudayaan baru di tempat lain

– Pengen lihat suasana baru

– Nyobain makanan khas sana (totally kulineran)

– Hunting foto (yang betulan fotografer — biasanya karena ada acara / festival tertentu)

– Ikutan orang karena kayaknya seru tuh kesana

2. Cari temen dengan gaya liburan yang sama

Mengapa? Karena motivasi orang untuk berlibur itu nggak semuanya sama.

Sometimes, gue tutup kuping aje kalau ada yang ngomong, "Geee, kalo nanti ke ******** ajak gue dong!" Bukan berarti gue gak mau liburan bareng si A atau si B, tapi belum tentu kalian cocok dengan gaya liburan gue. Nah loh. Walau terkesan seru yekan baca blog gue, tapi belum tentu cocok.

Lebih baik carilah teman-teman yang memang sejalan gaya liburannya dengan kalian. Usahakan jangan salah bawa temen liburan deh!

Mungkin ada yang mikir, gaya liburan yang begimana sih maksudnya?

– Ada yang maunya naik turun taxi, ada yang cukup dengan naik kereta dan banyak jalan kaki

– Ada yang maunya tiap hari 2x masuk restoran, ada yang cukup dalam 1 trip itu 1 atau 2x aja masuk restoran

– Ada yang hobinya shoppping til drop, ada yang cukup belanja untuk dirinya sendiri dan beli oleh-oleh seperlunya

– Ada yang maunya tinggal di hotel berbintang, ada yang cukup dengan tinggal di tempat ala kadarnya asal bersih dan nyaman

See?

3. Cari penginapan berupa apartemen dan lokasinya strategis

Karena stay di hotel harganya akan lebih mahal dibanding di apartemen (yang harga bajet). Tapi kalo kamu solo trip, mendingan stay di dorm. Kenapa juga harus yang strategis? Supaya nggak makan biaya transport dari penginapan ke tempat wisata dan mudah untuk cari makan.

4. Manfaatin harga promo, rajin browsing

Biasanya di Groupon sering ada tiket tempat wisata dengan harga miring. Selain itu ada juga kupon diskon untuk belanja. Coba buka Tips Belanja di Seoul Korea Selatan, trus scroll ke bagian paling bawah. Ada diskonan untuk Etude dan Missha, lumayan kan?

Gimana juga mengatur keuangan?

1. Beli tiket untuk 9-12 bulan mendatang

Biasanya, saya selalu membeli tiket sekitar 9-12 bulan ke depan. Ini salah 1 tips untuk mengatur keuangan dan lumayan ngebantu banget buat kita-kita yang incomenya belum ngalir kayak ujan deras.

2. Kalkulasikan perkiraan pengeluaran disana, bagi jumlah bulan

Dengan susun perkiraan pengeluaran disana, kita udah bisa kebayang berapa total dana yang perlu dialokasikan ke perjalanan. Trus coba bagi dengan jumlah bulan. Kalo misal kegedean, coba cek lagi itinerary-nya apa yang bisa dicoret. Sambil diitung juga, apa menjelang hari H bakal terima bonus atau THR? 

3. Bikin rekening yang gak ada ATM khusus untuk liburan

Kalo lu agak susah untuk pegang uang, coba bikin rekening baru yang nggak ada biaya admin dan nggak ada ATM. Jadi tiap abis gajian, kamu langsung transfer sesuai nominal dari poin 2 ke rekening itu. Membantu bukan?

Ada yang punya tips lainnya untuk liburan ke luar negeri tapi budget terbatas? Atau tips untuk mengatur keuangannya? Monggo tulis di kolom komen ya!