Hey kamu yang mau membuka usaha, tapi bingung mau buka usaha apa. Jangan bingung-bingung usaha apa yang cocok buat kamu. Hipwee punya caranya buat kamu yang mau jadi boss sejak muda. Yu ikuti langkah-langkahnya :

1. Jalan-jalan ke tempat keramaian

Tempat yang ramai dikunjungi orang seperti alun-alun kota, taman kota atau persimpangan jalan. Biasanya di sana banyak pedagang-pedagang yang menjual makanan, minuman, aksesoris. Kamu jalan-jalan sambil liat kanan kiri, liat pedagang mana yang sedang booming biasanya yang sedang booming itu pedagangnya banyak..

2. Tanya-tanya

Setelah kamu dapat produk yang kamu suka, liat cara pedagang itu melayani pembelinya, cara membuat produknya, cara mengemasnya. Kalau menurut kamu itu mudah, coba Tanya-tanya ke pedagannya tapi sambil beli dong biar gak curiga kalau kamu mau nyontek. Ingat asal janagan nyontek pas kamu lagi ujian di sekolah, pasti bakal kena marah ibu guru.

Tapi kalau nyontek ke si mamang tukang dagang ini gak masalah, karena gak ada ibu guru yang liat kamu. Coba Tanya beberapa pertanyaan ,” Mang ini apa nama produknya ? Mang ini apa bahan-bahannya ? Mang ini belinya dimana ?” cukup tiga pertanyaan aja, kalau banyak-banyak Tanya nanti bisa disangka wartawan yang mau ngeliput, yang penting udah dapat intinya.

3. Cari Lapak

Setelah itu kamu jangan nyari dulu bahan-bahannya tapi cari dulu lapak buat nanti berdagang. Cari tempat yang strategis, misalnya sekolah, tempat yang biasa banyak orang nongkrong, di pinggir jalan yang ada tempat berhentinya kendaraan. Asal jangan nyari tempat yang sepi kaya kuburan aja, nanti yang belinya malah gerombolan kuntilanak sama kawan-kawannya.

Advertisement

Jangan cari tempat yang sudah ada pedagang yang sama produknya dengan produk kamu, bisa-bisa kena marah tuh sama pedagang yang lebih senior, terus ngajak berantem, ujung-ujungnya gak jadi dagangnya.

4. Media untuk berdagang

Kalau kamu punya modalnya pas-pasan, pake gerobak aja dulu medianya yang penting kamu bisa mulai. Jangan gaya langsung buka kedai tapi modal hasil minjem sana sini, baru aja mau mulai udah pinjem sana sini yang ada nanti malah jadi pusing. Zaman sekarang gerobak juga udah bagus-bagus yang penting kamu bisa menata dengan rapih barang-barangnya, pastikan gerobaknya selalu bersih agar pembelinya gak kabur.

5. Cayoooo, mulai berdagang

Cayoooo mulai mengumpulkan pundi-pundi rupiah, semangat dong ! ayo ramaikan kasanah dunia perdagangan. Kamu itu masih muda pasti lebih semangat dari yang lebih tua, yakin dan optimis kamu akan sukses dengan usaha yang kamu rintis dari nol.

Kalau kamu tekun dan bisa mengatur keuangan pasti usahanya akan lebih cepat berkembang. Tantangan anak muda ketika punya uang yaitu maunya jalan-jalan terus sama pacarnya, dikit-dikit mampir ke kedai makan, ke tempat karoke, shoping di mall. Harus bisa tahan godaan yang kaya gitu, kalau gak tahan bisa-bisa usaha kamu akan bangkrut di awal.

Kalau kamu bisa tahan godaan kaya gitu pasti gerobak yang tadinya satu bisa terus bertambah, punya usaha sendiri bisa buka lapangan pekerjaan bagi teman, orang-orang di sekitar rumah. Orang tua kamu juga bangga atas pencapaian yang diraih, masih kecil udah bisa mensejahterakan orang lain.