Saat di sekolah, maka adalah saat-saat dimana anak Anda akan bertemu dengan banyak teman-teman. Hal ini baik untuk perkembangan dalam bersosialisasi. Namun pada saat itu juga bisa saja anak Anda dapat bertemu dengan anak-anak lain yang membullynya.

Perlu Anda ketahui bahwa kondisi ini bisa berdampak negatif terhadap kemajuan akademik dan emosional anak Anda.

Sehingga sebagai orang tua Anda harus dapat membantu anak Anda untuk menangani pembully di sekolah.

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan:

1. Memantaunya

Advertisement

Sebagai orang tua Anda harus mengetahui semua yang anak Anda alami, sehingga Anda tahu perkembangan dan pergaulannya seperti apa. Dalam hal ini bukan berarti Anda harus memantaunya 24 jam, berikan dia kebebasan namun tetap dalam pemantauan. Seperti tanyakan bagaimana pelajaran hari ini, apa saja yang dilakukan di sekolah. Dari kebiasaan bercerita Anda akan mengetahui apa saja yang dialami oleh anak Anda. Apabila memang dia dibully maka Anda bisa mengetahui informasi tersebut dan mencari jalan keluar.

2. Bantu anak Anda untuk belajar mengabaikan pengganggu

Seorang pengganggu biasanya akan membully anak-anak yang dianggapnya lemah, mudah marah dan mudah takut.

Apabila anak Anda diganggu, ajari dia untuk mengabaikannya, karena bila anak Anda merasa takut maka akan semakin mudah untuk diganggu. Bila Anda mampu mengabaikan si pengganggu tersebut, nantinya si pengganggu tidak lagi merasa senang untuk menggangu anak Anda.

3. Bantu anak Anda untuk membangun image

Salah satu cara terbaik dalam menghadapi si penggangu adalah dengan bertindak cerdas. Meski anak Anda bukan tipe yang terkenal yang mampu berkata dengan lantang. Maka Anda harus membantu dan mengajarkannya untuk membangun image bahwa dia adalah anak yang kuat. Tidak harus melawan dengan kekerasan namun dia bisa menjaga dirinya sendiri dan berani mengatakan "tidak" dan berani mengatakan pada orang lain untuk membantunya.

4. Ajari anak Anda untuk menjadi lebih percaya diri

Anak yang tidak memiliki kepercayaan diri biasanya akan mudah untuk dibully. Sehingga Anda harus membangun rasa percaya diri anak Anda. Berikan pujian, penghargaan dan yang paling penting memberikan anak Anda banyak cinta dan kasih sayang.

Ketika anak Anda mendapatkan banyak dukungan terutama dari rumah, ia akan menjadi jauh lebih percaya diri untuk menghadapi pengganggu di sekolah.

5. Bantu anak Anda untuk memiliki banyak teman

Banyak penelitian telah menemukan bahwa kebanyakan anak-anak yang dibully umumnya tidak memiliki kelompok teman-teman dan terisolasi dari kegiatan sosial dan kelas akademik kelas. Jika anak Anda adalah seorang penyendiri di sekolah, hal tersebut akan akan membuat dia lebih rentan mengalami bullying.

Undang teman sekelas anak Anda ke rumah Anda untuk pesta, mendaftarkan anak Anda dalam kegiatan yang memungkinkan dia memiliki banyak teman-teman atau berbicara dengan guru anak Anda untuk memastikan bahwa ia tidak terisolasi dari seluruh kelas.

Saat anak Anda dibully, jangan langsung terbawa emosi. Anda bisa membicarakan hal ini dengan pasangan dan berbicara dengan guru untuk membantu mencari solusi. Karena Andapun tidak bisa langsung menyerang anak yang membully anak Anda.