Business Analyst, Account Executive, Auditor, Treasurer dan Forecaster. Ini 5 posisi keren di perbankan yang recommended untuk kamu yang berjiwa muda tapi cukup peduli dengan kondisi ekonomi secara global.

1. Business Analyst

Seorang Business Analyst menyediakan analisis, marketing dan riset untuk aktivitas pengumpulan data, analisis dan management proyek. Tugasnya melibatkan lisensi dengan management senior, bagian keuangan dan penjualan, memahami bisnis dan permintaan data, memahami permintaan tersebut dan meng-upgrade proses bisnis dan sistem.

Tugas lainnya adalah menyediakan layanan konsultasi, perencanaan dan pengeksekusian proyek customer, mengeksekusi penyelesaian dan laporan harian, menganalisa kelayakan kredit klien, menyiapkan analisis pasar dan keuangan, analisis layanan perbankan termasuk deposit, bunga, simpanan korporasi dan management kas juga membuat dan melakukan rencana uji kelayakan.

Untuk pengumpulan data, Seorang Business Analyst dapat melaporkan proyek secara spesifik, mendukung keinisiatifan pemasaran dan mengembangkan pricing pada analisis portfolio dan analisis keuntungan yang mungkin menjadi bagian dari pekerjaan Business Analyst.

Advertisement

Seorang Business Analyst harus memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, analisis data terkomputerisasi dan management proyek.

2. Account Executive

Seorang Account Executive di perbankan bertanggung jawab mengembangkan hubungan dengan customer dalam hal pengajuan loan guna memberi nasehat baik tentang produk, tarif, biaya dan analisis sederhana tentang tenor dan besarnya angsuran. Account Executive juga menyediakan data penjualan ke management perbankan.

Dalam area kerjanya secara geografis, ia mengelola pemutakhiran account, account yang potensial dan menguntungkan, kepuasan klien dan strategi pertumbuhan. Seorang Account Executive harus memiliki kemampuan negosiasi, berkomunikasi dan korespondensi yang baik dengan klien.

3. Auditor

Auditor me-review catatan keuangan, baik pihak internal perbankan itu sendiri, maupun klien, mencari kejanggalan dan kerugian yang diderita perbankan secara internal, maupun klien.

Seorang Auditor harus memiliki kemampuan berkomunikasi, analisis dan organisasi juga memiliki pengetahuan tentang regulasi dan prosedur auditing dan riset.

4. Treasurer

Treasurer mengelola keuangan bisnis perbankan, obyektivitas dan tujuannya, mempertahankan budget dan meninjau strategi investasi dan pengeluaran utama.

Seorang Treasurer harus memiliki kemampuan berkomunikasi, analisis dan client relation.

5. Forecaster

Forecaster menggunakan algoritma dan program untuk produk dalam proyek atau banking performance di masa mendatang berdasarkan faktor-faktor tertentu, seperti persaingan bisnis dan PHK karena resesi.

Seorang Forecaster harus memiliki pemahaman tentang trend pemasaran dan efisiensi produksi.

Bagaimana menurut Anda? Menarik, bukan? Just go for it!