Keindahan alam di Indonesia memang seakan tidak ada habisnya. Hampir di seluruh penjuru provinsi bahkan di setiap jengkal wilayahnya menyimpan keindahan dan keistimewaannya tersendiri. Termasuk dengan keindahan alam yang ada di Nusa Tenggara Timur. Banyak sekali keindahan alam yang menakjubkan di provinsi ini. Mulai dari danau, pantai, sampai bukit. Dan keindahan ini adalah salah satu dari keajaiban tangan Tuhan Yang Maha Esa. Mau tahu apa saja keindahan alam tersebut? Berikut ulasannya.

1. Danau Kelimutu

Tempat wisata terkenal di Nusa Tenggara Timur ini berada di puncak Gunung Kelimutu, NTT, tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende dengan ketinggian 1.690 mdpl. Kata “kelimutu” berasal dari kata “keli” yang berarti “gunung” dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Salah satu keistimewaan dari gunung ini yaitu adanya danau berwarna-warni di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Kelimutu atau Danau Tiga Warna. Mengapa dinamakan seperti itu? Karena danau ini memiliki tiga warna berbeda, yaitu merah, biru, dan putih.

Danau yang berwarna merah diberi nama Tiwu Ata Polo. Danau ini merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal yang selama hidupnya selalu melakukan kejahatan.Danau yang berwarna biru bernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang muda yang telah meninggal. Sedangkan danau yang berwarna putih diberi nama Tiwu Ata Mbupu yang merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Untuk dapat menikmati dan merasakan sensasi keindahan danau ini, waktu yang tepat adalah pada pagi hari karena pada siang atau sore hari, danau ini ditutupi kabut putih yang cukup menghalangi pandangan mata anda. Itulah sebabnya para wisatawan yang ingin melihat pemandangan dan mengunjungi danau tiga warna tersebut bermalam di Kampung Moni, dan pada dini hari baru melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Kelimutu. Untuk urusan menginap, Anda jangan khawatir karena terdapat beberapa homestay dan cottage ditempat ini.

2. Bukit Cinta Labuan Bajo

Berada di dataran Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores Barat, Bukit Cinta menyajikan pemandangan dan panorama yang sangat indah dari atas perbukitan. Nama Bukit Cinta sendiri diberikan karena tempat ini memang spot yang tepat bagi Anda yang sedang memadu kasih. Laut nan biru, pemandangan Kota Labuan Bajo, deretan pepohonan, dan bukit-bukit hijau akan memanjakan mata Anda yang berkunjung. Selain itu, mengabadikan dan menikmati momen matahari terbenam dari atas bukit ini akan menciptakan kenangan yang tak terlupakan bagi Anda.

3. Pink Beach

Advertisement

Bisa jadi ini adalah pantai paling “so sweet” di Indonesia. Bagaimana tidak? Jika pasir pantai biasanya berwarna putih atau coklat, maka sesuai namanya, pasir di Pink Beach ini berwarna merah muda. Warna merah muda sendiri berasal dari pasir pantai yang memang berwarna putih namun tercampur dengan serpihan karang dan kalsium karbonat dari biota laut, Foraminifera, dan Amuba Mikroskopis yang memiliki cangkang tubuh berwarna merah.

Kita patut berbangga hati karena di dunia hanya ada tujuh pink beach dan salah satunya ternyata ada disini. Untuk kegiatannya, snorkeling dan diving sudah menjadi semacam kegiatan wajib saat mengunjungi pantai ini apalagi ditambah kondisi taman bawah lautnya yang masih cantik terjaga.

Untuk mencapai Pink Beach, kita dapat berlayar dengan menggunakan kapal dari Tanjung Benoa di Bali menuju Labuan Bajo. Perjalanannya membutuhkan waktu satu hari. Atau bisa juga dengan naik bus dari Denpasar menuju Labuan Bajo kemudian menyeberang dengan ferry. Jika Anda ingin mempersingkat waktu, Anda dapat menaiki pesawat rute Denpasar – Labuan Bajo yang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Dari Labuan Bajo, kita dapat menyeberang dengan ferry menuju Loh Liang di Pulau Komodo. Dari Loh Liang, kita tinggal menaiki perahu sekitar setengah jam untuk mencapai Pink Beach.

4. Taman Laut Selat Pantar

Taman laut Selat Patar, Alor ini semakin hari semakin digemari oleh para petualang yang ingin menikmati pesona alam bawah lautnya dengan menyelam atau snorkeling. Pesona alam bawah laut di sini sangat memanjakan mata Anda yang melihatnya. Dengan koleksi ikan berbagai jenis, termasuk mamalia air seperti lumba-lumba dan juga paus maka tidak heran jika siapapun pasti takjub dengan keindahan dan kekayaan kawasan ini. Taman laut ini memiliki luas sekitar 65,70 km persegi dan membentang di sepanjang Selat Patar. Pada gugusan pulau ini ada satu selat yang biasa disebut warga setempat dengan nama mulut kumbang. Di Selat Kumbang inilah, Anda bisa bertemu dengan banyak lumba-lumba yang terlihat di permukaan air dan tidak jarang mendekati perahu. Lumba-lumba di sini mayoritas berwana merah muda dan tampak cukup jinak walaupun habitat aslinya adalah di alam liar. Pagi dan sore hari adalah saat yang tepat untuk menyaksikan mereka karena di saat-saat itulah biasanya kumpulan lumba-lumba muncul di permukaan laut. Jika beruntung, selain bisa menyaksikan lumba-lumba, Anda juga mungkin saja bertemu dengan paus yang melintas dari perairan pasifik.

5. Batu Termanu

Batu Termanu berada di Desa Feapopi, Kecamatan Rote Tengah, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini berbentuk guratan-guratan alam akibat abrasi gelombang laut yang terlihat jelas pada bagian tepian curam. Terdapat 2 buah Batu Termanu disini, yaitu Batu Hun dan Batu Suelay. Kawasan Batu Termanu ini sering dijadikan tempat penyelaman, hal ini dikarenakan terumbu karangnya yang memiliki banyak variasi menarik.

Nahh, sekian dulu ya teman-teman, artikel mengenai surga tersembunyi di provinsi Nusa Tenggara Timur. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin atau sedang merencanakan liburan.