Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia dengan berbagai macam jenis wisata baik wisata alam maupun sejarah. Saat kamu berencana untuk berlibur ke Yogyakarta, pastinya biaya dan waktu menjadi pertimbangan tersendiri.

Mempunyai budget tak terbatas tentunya akan lebih leluasa dan menyenangkan bagi kamu. Lalu, bagaimana dengan biaya yang terbatas? Kamu tak perlu berkecil hati untuk berlibur ke Yogyakarta dengan budget yang kecil. Inilah beberapa tips berwisata murah ke Jogja dengan biaya terbatas tapi tetap menyenangkan.

Memillih Transportasi yang Murah

Banyak cara untuk bisa ke Jogja, yaitu bisa dengan pesawat, kereta api, bus, dan mobil pribadi. Untuk pesawat harganya pasti adalah yang tertinggi. Bus dan mobil pribadi mungkin adalah yang termurah, tapi sangat menyita waktu, apalagi buat kamu yang jauh dari Jogja seperti dari Jakarta, bisa-bisa capek di jalan. Sedangkan kereta harganya tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu menyita waktu kamu di jalan. Jadi sebaiknya kamu memilih transportasi kereta untuk mencapai Jogja. Namun untuk kamu yang berada di luar pulau Jawa, transportasi terbaik adalah pesawat.

Yogyakarta mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Untuk menjangkau objek wisata tersebut, kamu harus menentukan transportasi yang dipergunakan. Tak semua objek wisata dilewati oleh transportasi umum sehingga kamu harus menentukan moda transportasi terbaik dan murah untuk mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta itu. Kamu bisa merental jasa sepeda motor dengan harga terjangkau yang sudah banyak disediakan di kota Yogyakarta dengan tarif mulai dari Rp. 50.000 per 24 jam.

Advertisement

Kamu juga bisa memanfaatkan bus Trans Jogja untuk mencapai beberapa tempat wisata di Jogja dengan tarif Rp. 4000. Namun, bus ini tak bisa menjangkau beberapa tempat di Yogyakarta seperti Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan beberapa wilayah di Sleman.

Mencari Makanan yang Murah Meriah di Yogyakarta

Untuk mengisi perut kamu yang lapar, kamu tak akan kesulitan mencari tempat makan yang murah meriah. Warung makan murah meriah bisa ditemukan di hampir semua penjuru Yogyakarta. Warung angkringan menjadi pilihan tepat dengan nasi kucing yang djual dengan harga Rp 1000 dan gorengan Rp. 500.

Selain itu, kamu bisa pergi ke kawasan dekat Stasiun Tugu untuk mencicipi kopi Joss dan nasi kucingnya. Untuk menikmati masakan khas Yogyakarta, kamu bisa pergi ke kawasan Wijilan. Warung Makan Rata Rata bisa menjadi pilihan tempat makan prasmanan di kota Gudeg ini.

Memilih Objek Wisata Murah di Yogyakarta

Ada banyak sekali destinasi wisata di Yogyakarta yang bisa dikunjungi. Tips berwisata murah ke Jogja selanjutnya adalah memilih objek wisata murah di Yogyakarta yang tak perlu biaya tiket masuk ataupun dengan tarif murah. Kamu bisa menjelajahi kawasan Malioboro, Benteng Vredeburg, kawasan 0 km, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Taman Pintar, dan beberapa pantai di Gunung Kidul and Bantul. Kebanyakan wisata pantai di Yogyakarta menerapkan tarif murah sebesar Rp. 5000 per orang. Jangan lupa untuk membawa peta wisata Yogyakarta untuk memilih objek wisata yang akan dikunjungi ya.

Berbelanja Murah dan Hemat

Berbelanja merupakan suatu keharusan saat kamu berlibur, apalagi kalau teman atau orang tua sudah nagih oleh-oleh sebelum kamu pergi. Kamu bisa berbelanja murah dengan budget terbatas saat berkunjung ke Yogyakarta. Kamu bisa langsung pergi ke Pasar Beringharjo atau kawasan Malioboro untuk berburu oleh-oleh seperti kaos, pernak pernik, batik, sandal motif, dan lain-lain. Kamu bisa dengan mudahnya menemukan deretan penjual souvenir dan makanan khas Yogyakarta di kedua tempat itu dengan harga murah meriah. Jangan lupa untuk menawar saat melakukan transaksi ya. Brand oleh-oleh paling terkenal Jogja adalah Dagadu.

Memilih Tempat Menginap Yang Murah Meriah dengan Fasilitas Oke

Berlibur ke Yogyakarta tak akan cukup apabila hanya menghabiskan waktu sehari. Kamu dianjurkan untuk mencari tempat menginap agar bisa menikmati Yogyakarta dengan puas. Apabila kamu memiliki dana terbatas, pilihlah hotel di Jogja dan sekitarnya dengan harga murah dan terjangkau dengan tarif per malamnya maksimal Rp. 300.000. Cara ini bisa menjadi tips berwisata murah ke Jogja.

Kalau sudah begini, maka hotel-hotel berbintang 4 ke atas lebih baik jangan kamu lirik, karena harganya kemungkinan besar sudah di atas 300.000 Rupiah atau bahkan di atas 500.000 Rupiah. Kalau motel bagaimana? Motel boleh saja karena harganya yang sangat murah. Tetapi biasanya motel tidak memiliki fasilitas yang memadai seperti wifi, AC, air hangat, dan lain-lain dan motel cenderung kurang bersih.

Lalu solusinya? Kamu bisa menginap di AiryRooms yang merupakan hotel dengan tarif motel. Menginap di AiryRooms tidak akan membuat kamu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya murah dan tanpa adanya biaya tambahan lain (harga sudah termasuk pajak dan tidak ada booking fee).

Ada 3 hotel AiryRooms di Jogja yang harganya di bawah 300 ribu per malam yaitu Airy Syariah Sleman Wahid Hasyim, Airy Syariah Sleman Jembatan M, dan Airy Sleman Babarsari Yogyakarta. Fasilitas di AiryRooms juga lengkap dengan lokasi yang strategis. Fasilitasnya meliputi AC, televisi layar datar, free wifi, air minu gratis, perlengkapan mandi, dan kasur empuk berkualitas.

Cara bookingnya pun juga mudah, bisa lewat whatsapp, telepon ke customer servicenya langsung, maupun lewat website resminya. Untuk info nomor kontak whatsapp dan customer servicenya bisa kamu lihat di website resminya AiryRooms. Dengan begini, kamu bisa menikmati hotel dengan harga yang murah namun dengan fasilitas yang tidak kalah dari hotel berbintang.

Nah itulah tadi 5 tips berwisata murah di Jogja yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat bagi kamu yang berencana mau liburan ke Jogja.