Bagi para pecinta olahraga sepakbola terutama yang sering beradu di lapangan hijau pastinya memerlukan sepatu bola terbaik selain jersey bola kebanggaan. Sepatu sangat besar peranya dalam menunjang aktivitas dan kenyamanan pemain saat menggiring bola selama berlatih ataupun berlaga.

Karenanya, anda harus teliti dalam memilih sepatu bola original yang terbaik dan tahan lama untuk memaksimalkan gerakan kaki agar lebih mudah dan nyaman. Terlebih saat ini sudah banyak produk sepatu bola dengan brand yang beragam dan memiliki banyak kelebihan.

Agar anda tidak salah pilih dan tetap awet dan nyaman saat dipakai anda tahu ciri sepatu bola yang nyaman dan tips memilih sepatu bola original terbaru yang awet, nyaman dipakai dan tahan lama.

Beberapa ciri sepatu bola original yang cocok dan nyaman
Titik puncak seorang pemain bola dalam mencari sepatu adalah alas kaki yang nyaman dan pas. Kwalitas memang tidak dapat berbohong, percuma beli sepatu bola yang mahal namun tidak nyaman saat dipakai. Karenanya anda harus tahu ciri-ciri sepatu bola terbaik yang cocok dan nyaman untuk anda pakai nanti.

Sepatu bola yang bagus harus betul-betul ngepas pada bentuk kaki anda. Yang dimaksud dalam hal ini adalah glove like fit yaitu di mana layaknya memiliki sepatu bola murah yang mampu dengan erat membungkus kaki anda seperti sarung tangan. Untuk menghindari lecet pada kaki, berikan sedikit ruangan pada ujung jari kaki anda sekitar 5 mm tetapi jangan terlalu sempit atau terlalu longgar. Anda tidak harus repot mengukurnya memakai penggaris untuk memastikan ukuran 5 mm tadi, karena angka itu hanya perkiraan.

Terdapat 3 jenis permukaan lapangan untuk menentukan jenis tapak sepatu (studs) yang anda butuhkan. Anda perlu tahu sepatu yang anda beli dipakai pada lapangan basah, kering, play wood, rumput sintesis ataupun indoor lainnya. Di pasaran terdapat juga jenis studs sepatu bola terbaru yang biasanya dipakai untuk beragam permukaan lapangan, seperti : studs hard ground, firm ground dan soft ground. Stud hard memiliki bentuk studs yang lebih pendek dan tidak runcing, terbuat dari plastik atau karet dengan jumlah sekitar 10 sampai 14 studs.

Soft ground Studs biasanya memiliki bentuk lebih panjang dan berbentuk runcing, terbuat dari besi atau karbon, dan biasanya memiliki studs dengan jumlah 4 sampai 6 buah. Untuk stoods indoor memiliki tapak berbentuk datar dari karet mentah yang dipakai pada permukaan futsal indoor yang terbuat dari kayu. Tetapi bila untuk dipakai pada rumput sintetis memakai studs yang terbuat karet jenis turf dengan ukuran yang lebih kecil.

Cara memilih sepatu bola terbaru agar awet dan tahan lama
Untuk memiliki sepatu bola terbaru yang awet dan tahan lama memang memerlukan ketelitian dan kecermatan dalam memilih sepatu yang tepat. Sepatu yang awet dan tahan lama pastinya tidak bisa mengabaikan aspek kenyamanan. Karenanya anda harus melakukan cara memilih sepatu bola terbaik, berikut penjelasannya.


1. Tentukan ukuran dan nomer sepatu
Agar sepatu bola yang anda pakai nanti nyaman dan cocok ketika dipakai untuk menggiring si kulit bundar, maka baiknya anda tahu ukuran atau nomer sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki anda. Baiknya anda memilih sepatu bola original yang memungkinkan kaki anda memiliki sedikit ruang untuk bergerak, berarti sepatu yang dipilih tidaklah terlalu sempit ataupun terlalu longgar.

Sepatu yang sempit dapat menyebabkan kaki lecet dan sepatu longgar dapat membuat selip hingga pastikan sepatu anda memiliki jarak yang ideal pada tumit kaki, ibu jari kaki dan punggung kaki untuk hindari cidera.


2. Cek kenyamanan sepatu
Untuk mengecek nyaman atau tidaknya sepatu bola original yang sudah anda pilih anda dapat mencobanya dengan melakukan shoting atau passing. Jadi saat coba sepatu janganlah hanya melihat penampilannya pada cermin kaca yang sudah disediakan pihak toko, tetapi pakai juga untuk melakukan aktivitas dari tujuan anda memakai sepatu seperti : berjinjit atau lari-lari kecil.

Advertisement

Jangan lupa untuk memakai kaos kaki yang biasa anda pakai untuk bermain bola ketika beli dan mengecek ukuran sepatu yang tepat saat beli sepatu bola terbaik anda.


3. Cek kekuatan sepatu
Guna memastikan kuat dan tidaknya sebuah sepatu anda dapat melakukan cara mudah ini. Anda dapat menekan ujung sepatu bagian belakang, rasakan kuat atau tidaknya bagian itu. Bila bagian belakang sepatu itu kuat maka dapat di pastikan sepatu itu akan bertahan lama ketika dipakai.


4. Memilih spull sepatu bola
Biasanya sepatu bola original dengan brand seperti : Adidas dan Nike memiliki jumlah spull sekitar 11 sampai 13 buah. Anda dapat menghitung jumlah dari spull itu.


5. Tali sepatu bola
Tidak hanya sepatunya yang wajib original, tali yang mengikat pada sepatu bola anda juga harus original. Untuk memastikan tali sepatu bola anda original anda dapat memastikan apakah bahan tali dapat sedikit dikendorkan dan sesuaikan tali dengan sepatu yang anda pakai.

6. Logo dan harga
Janganlah lupa untuk mengecek kemasan kardus dari sepatu bola original, pastikan terdapat Nomer produk dan logo apparel. Selain itu pastikan harga sepatu pantas dan sesuai dengan yang tercantum pada kardus.


7. Waktu yang tepat untuk beli sepatu
Waktu yang tepat untuk beli sepatu adalah ketika kaki kita sedang berada pada ukuran maksimal atau terbesarnya. Waktu yang dimaksud adalah sore atau malam hari ketika kaki sudah dipakai untuk bekerja seharian.

Agar sepatu bola terbaik yang sudah anda beli awet dipakai dan tahan lama baiknya anda tidak memakainya untuk aktifitas sehari-hari di luar lapangan. Hal ini karena tidak semua sepatu memiliki fleksibilitas dan struktur yang sama.

Untuk sepatu bola original biasanya memiliki bantalan ekstra sebagai peredam efek getaran dan struktur yang lebih fleksibel. Sedang sepatu biasa biasanya memiliki permukaan yang lebih padat dan keras.