Jatuh cinta adalah hal yang paling berkesan bagi siapapun, jatuh cinta pada pandangan pertama, jatuh cinta pada sahabat sendiri atau jatuh cinta pada cinta pertama adalah hal yang sangat berkesan. Jatuh cinta memang menyenangkan tapi untuk sekarang aku belum siap untuk jatuh cinta. Ada banyak hal yang ingin aku lakukan, mendengarkan musik kesukaanku, menonton drama yang kusukai hingga larut malam atau sekedar bermain bersama keluargaku.

Jatuh cinta itu soal perasaan, untuk sementara aku ingin perasaanku tertata dengan baik, sendiri bukan berarti aku kesepian, dengan sendiri akan banyak pengalaman yang aku rasakan. Aku bisa melakukan travelling keliling dunia, menjumpai banyak budaya baru, pengalaman baru, bahasa baru dan berinteraksi dengan orang-orang baru, atau aku bisa menyibukkan diri dengan belajar untuk kuliah ke luar negeri seperti yang aku inginkan sebab aku berpikir pendidikan adalah hal yang paling penting dalamn hidup.

Jika aku sudah menata masa depan dengan baik, aku siap untuk jatuh cinta, tetapi bukan secepat itu, cinta yang tergesa-gesa adalah suatu hal yang buruk. Butuh waktu untuk merasakan cinta itu hadir, dan siapa tahu cintaku ada di negara lain. Kita tidak tahu rencana Tuhan.