Apa impianmu?

Apa arti goal untukmu?

Apa arti kesuksesan bagimu?

Yakinkah kamu akan mendapat kesuksesan yang kamu inginkan?

Untuk siapa suksesmu?

Dan lain sebagainya..

Mungkin bagi sebagian orang, pertanyaan itu amatlah mudah dijawab. jelas, semua orang menginginkan sukses, jelas semua orang ingin sukses agar membahagiakan orang tercinta. Tetapi, satu pertanyaan penting yang menjadi dasar kesuksesan itu.

Siapkah kamu jika suatu saat kamu gagal?

Bisa saja suatu saat kamu meraih kesuksesan yang selama ini kamu harapkan, tetapi suatu hari kamu terjatuh karena suatu hal. Dan kamu harus menerima bahwa posisi "nyaman" mu harus sirna. Dan siapkah kamu untuk itu?

Gagal sendiri bermacam-macam artiannya

Advertisement

Gagal usaha

Gagal pekerjaan

Gagal menjadi orang tua

Gagal menjadi anak

Gagal ginjal

Dan gagal-gagal lainnya. Tetapi gagal yang paling menyakitkan yaitu, ketika kamu gagal memegang apa yang sudah kamu dapatkan. Keluarga dan Harta. Kamu ingin banyak harta dan keluarga berjalan dengan yang kamu inginkan, lalu apa yang harus kamu lakukan?

Umumnya, orang yang egois menjawab "saya akan membuat keluarga saya nyaman dengan uang saya, sehingga mereka tidak meninggalkan saya" dan orang lain menyahut "apa kamu yakin akan terus sukses? bagaimana suatu hari kamu bangkrut? keluargamu akan menghilang darimu?". Satu kata "jlebb".

Menurut Louis Efron, penulis buku “How to Find a Job, Career and Life You Love”, Sukses yaitu menjalani kehidupan yang seimbang. Sukses itu ketika keluarga dan pekerjaan berjalan beiringan. Kamu tidak salah membuat keluarga bahagia,tetapi kebahagiaan sejati terletak pada kebersamaan. Menemani, mendukung dan membangkitkan semangat ketika jatuh adalah sukses yang nyata. Hasilnya? tidak hanya pada hangatnya kebersamaan keluarga tetapi kehidupan yang mapan juga mudah untuk diraih.

Teringat akan sebuah kalimat dari seorang dokter pedalaman, ketika ia ditanya "apa arti sukses menurut anda?"

ia menjawab dengan mantap "tidak ada hutang". Sederhana, jelas, dan mantap. Sukses yang tidak muluk-muluk dari seorang dokter berpendidikan tinggi dan tidak main-main. Begitupula dengan hidup, sukses yang sejati terletak pada kepuasan diri akan hal yang tercukupi. bukan dari segi materiil saja tetapi dari segi cinta dan kehangatan.

Karena, kesuksesan sejati yaitu ketika kesuksesan kamu dapati, kamu tahu bahwa begitu banyak dukungan dari keluarga dan orang disekitarmu, dan ketika kamu gagal dan jatuh, mereka tidak pernah meninggalkanmu dan membuatmu untuk bangkit dan meraih kesuksesan kembali.

Jadi, apa arti sukses menurutmu?