Tak pernah aku sadari, selama ini Engkau telah memperlancar semua urusanku tidak ada terkecuali, meski aku tak pernah mengingat namaMu serta tak pernah menjalani semua kewajiban aku sebagai orang muslim. Aku hanya manusia yang tak pantas mendapat kemudahanMu selama ini, karena aku hanyalah seorang yang telah banyak berlumur dosa.

Selama hidup ini telah melakukan banyak dosa dan setiap hembus nafas ini memiiki dosa yang begitu banyak. Pernah terpikirkan jika aku mati nanti, apakah aku bisa masuk surgaMu sedangkan setiap hembus nafas ini dan setiap langkah hidup ini penuh dengan dosa. Masih kah aku pantas untuk duduk tenang di surgaMu?

Rasanya aku ingin bertobat, tetapi begitu susah untuk aku melakukan ini, mungkinkah setan telah penuh mengambil alih raga ini. Aku selalu ingin bertobat dan akhirnya di tempat yang baru ini. Sebuah tempat yang aku singgahi sekarang, aku berharap dapat bertobat dan ke jalan yang kau ridhoi. Meski aku tahu walaupun aku melakukan tobat ini belum tentu aku akan mendapatkan surgaMu.

Seiring berjalannya waktu aku bertobat, aku mendapatkan kabar gembira bahwa ibu hamba akan menunaikan ibadah umrah. Mungkinkah ini petunjukMu agar aku tetap melakukan tobat ini. Saat ini yang ingin aku lakukan adalah menjadi lebih baik meskipun nanti dosa yang lalu tidak bisa dihapuskan, tetapi setidaknya aku pernah berusaha untuk memperbaiki diri dan mencari jalan yang Kau ridhoi.