1. Inna Ma'al 'usri yusro.

Sesungguhnya ada bersama kesusahan itu ada kemudahan .Begitulah yang disabdakan Alloh dalam surat al Insyiroh. Lain lagi dalam surat al Baqoroh Alloh berfirman bahwasannya DIA tak akan memberikan hambanya cobaan melebihi kekuatan hambanya. Maka tak seharusnya engkau berpikir negatif kawan, atas segala cobaan yang menimpamu. Yakinlah tuhanmu tidak akan menghianatimu dengan mengingkari janjiNYA. Pikirkanlah pasti ada setitik peluang dari balik kesusahan itu, niscaya ada kebahagiaan yang menyertai kesedihan. Yakinlah jika kamu mampu menghadapi cobaan, karena cobaan itu sesungguhnya hanya akan menimpa orang yang mampu mengatasinya.

2. Kebahagiaan itu terletak setelah kamu mampu menghadapi kesulitan.

Bayangkanlah pada suatu hari engkau mengerjakan tugas matematika. Kamu anggap soal itu sulit, namun kamu tak patah arang. Kamu hitung sampai sampai berpuluh lembar kertas kau gunakan untuk menghitung. Esoknya ketika tugas itu dibagi oleh dosen atau gurumu engkau mendapatkan nilai tak sempurna tetapi karena gurumu itu tahu coretan pensil yang kau hapus dia memberimu penghargaan. Meskipun tak seberapa pastinya kau bahagia bukan usahamu dihargai? Ada orang mengatakan padaku kawan, dirinya merasa sangat bahagia ketika dia mampu melalui rasa kecewa teramat berat.

3. Seperti halnya UAS atau UAN, cobaan atau ujian Tuhan padamu adalah cara agar engkau naik ke tingkat yang lebih tinggi. Seperti itu bukan?

Advertisement

Kawan, seperti kata sebuah lirik lagu kalau masalah itu adalah teman hidup dan hidup adalah perjuangan yang akan berhenti ketika mati. Maka janganlah engkau terpuruk terlalu dalam kawan, Saranku dengarkanlah lantunan kalam ilahi atau berdoalah kepada sang kholi karena maunusia mungkin mendengarmu tetapi DIA akan menjawabmu.