Usia siap menikah bagi perempuan di Indonesia memang terkesan sangat muda. Masih banyak ditemukan perempuan yang dipaksa menikah padahal usia masih 20 tahun. Apalagi bila teman sebayanya sudah banyak yang menikah, maka setiap perempuan pasti diruntuti satu pertanyaan oleh banyak pihak, "Kapan nyusul?"

Pertanyaan menyakitkan itu tentu membuat telinga perempuan yang mendengarnya panas. Mereka pun mulai berpikir apa yang harus dilakukan agar cepat menemui kekasih halalnya. "Kalau aku agresif nanti yang cowok takut, kalau aku diam nanti dikira gak butuh. Apa yang harus aku lakukan?"

Karir sudah mapan, tubuh sudah terawat, punya banyak teman, niat sudah ada. Namun kenapa jodoh belum kunjung datang? Apa yang harus dilakukan? Satu hal yang harus dilakukan terus selain berdoa adalah mencoba mengenal dunia baru. Mintalah kepada temanmu untuk mengenalkan kepada kerabat atau saudaranya. Tidak sedikit pasangan yang melalui jalan ini dan berhasil hingga menikah. Dengan meminta dikenalkan, maka jika terjadi sesuatu yang buruk saat hubungan sudah berjalan, maka akan ada orang yang membantu dan sedikit bertanggung jawab atas hubunganmu.

Saat memulai perkenalan pun tidak perlu menunggu lelaki yang memulai. Mulailah sapaan sederhana dan percakapan ringan. Biarkan semua mengalir. Bila keesokan harinya si lelaki tidak memulai percakapan duluan, itu perlu dijadikan catatan bisa jadi lelaki itu tidak begitu tertarik denganmu. Tapi tidak perlu khawatir, yakinlah masih banyak ribuan orang yang juga menunggu kehadiranmu. Dalam memulai perkenalan, tunjukan sisi ramahmu namun jangan terkesan murahan. Intinya biarkan mengalir. Bila gagal diawal, coba lagi dengan yang lain. Bila sudah jalan namun ada kegagalan, yakinkan diri bahwa ini bukan yang terbaik.

Di era baru ini perempuan memang boleh bahkan dianjurkan untuk bertindak terlebih dahulu seperti memulai perkenalan. Tapi perlu diingat jangan memperlihatkan kesan bahwa kamu sangat menginginkan dia. Buatlah dia penasaran dan biarkan waktu berlalu. Bila ia jodohmu, maka semua akan dilancarkan menuju pernikahan