Suatu hari perjalanan kami kesuatu tempat bersejarah di Indonesia, sebut saja tempat bersejarah itu Lubang Buaya atau boleh kita singkat menjadi LB. LB=Lubang Buaya, bisa juga Luar Biasa.

Hari itu adalah minggu sore yang terang tanpa rintik hujan sedikitpun, menjadikan hari itu sangat berkesan dengan perjalanan kami.

Kami melihat dan mengaati betapa mirisnya sejarah indonesia, masa PKI yanhg begitu kejam kepada warga sipil dan juga aparat, atau yang kita kenal pahlawan para pahlawan yag yang dibunuh dengan kejamnya dan dimasukkan kedalam sumur Lubang Buaya, betapa mengerikanya waktu itu,

Belum lagi para ulama, para kyai dibantai, diserang, disiksa, dan dibunuh oleh para rezim PKI, sungguh sejarah itu sangat menyayat hati. Kisah itu tergambarkan jelas di monumen Pancasila Sakti dan museum G30PKI. PKI yang tiada beradap, tiada berhati.

Sejarah mengingatkan kita pada pahlawan kita betapa mereka gagahnya memperjuangkan kemerdekaan setiap manusia khususnya warga negara Indoseia, hingga mereka rela mengorbankan nyawa mereka sendiri.

Advertisement

Berniat berkunjung ke museum Lubang Buaya, mempertemukan kami dengan kawan kami, yang awalnya tidak pernah kami sangka, kawan hebat luar biasa, tidak pernah disangka hari itu adalah hari pertemuan, perkenalan dan menjalin silaturahim, menambah saudara, menambah kawan.

Bagi yang jomblo memang menyenangkan jalan-jalan bertemu dengan orang asing dan berkenalan, artinya bisa menambah link dan pertemanan. Sehingga bisa membuka wawasan, menambah ilmu, terbentang jauh saudara Bandung dan saudara Temanggung, dua kota, dua kata beda daerah tapi ketika diucap seirama Bandung-Temanggung,. hehe, mungkin si penulisnya lagi ingin berencana ke Temanggung dan ke Bandung. Dua Kota punya nama khanya masing masing.

Bandung, kota Kembang sedangkan Temanggung, kota Tembakau, dua kota yang sama-sama sejuk, sama-sama dikelilingi oleh bukit dan gunung.

Sejauh mana dan seberapa jauh jarak Bandung-Temanggung?

Dua kota, dua pula provinsi, Jawa Barat dan Jawa Tengah, waw.. oh peta.. sejarah mempertemukan orang Bandung dan orang Temanggung

Dan ternyata bila dilihat dari peta atau google map Bandung – Temanggung jaraknya dekat, ga sampai 5 meter hehe. Kalau buat perjalanan juga ga sampai memakan waktu 2 hari, jadi kamu tertarik ingin ke Temanggung dan Bandung?

Adalah sebuah cerita, bagaimana dengan ceritamu?