Sebenarnya, banyak sekali kejadian hidup yang dapat dijadikan pelajaran. Namun, dikarenakan kita tak pernah peka dengan keadaan, jadilah pelajaran yang amat berharga itu kita buang sia-sia. Kadang kita sering mengeluh sama teman sendiri ketika ia berbuat jahil pada kita. Seperti mencibir, misalnya. Mungkin itu adalah perbuatan sepele, tapi amat mengganggu perasaan kita. Tentu, kita merasa gondok dan jengkel saat kita dicibir oleh teman sendiri. Namun, anehnya, saat kita tak terima atas perlakuan itu, justru kita malah mengkianati diri sendiri dengan melakukan hal yang sama terhadap orang lain. Di satu sisi kita tak terima ketika orang lain mencibir kita, tapi di sisi lain, kita malah melakukan hal yang sama terhadap orang lain. Aneh sekali bukan? Kalau hal demikian kita pertahankan terus-menerus, mau sampai kapan perasaan kita selalu tersakiti?

Nah, maka itu kepekaan dalam hidup adalah hal penting yang tak bisa kita anggap remeh. Kalau kita anggap remeh, berarti telah banyak pelajaran hidup yang telah kita buang begitu saja. Untuk membuat orang damai dan tak pernah menyakiti perasaan kita, kita tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membayarnya atau memberikan hadiah berupa materi. Karena, justru itu akan menguras dompet kita. Sebenarnya, ada cara mudah dan murah meriah yang dapat kita lakukan dengan penuh kesadaran. Dan kepekaan adalah modalnya.

Dalam hidup, ada dua hal yang musti kita pertahankan dan tinggalkan. Pertama adalah kebaikan, dan itu musti kita pertahankan. Kedua adalah keburukan, yang harus kita tinggalkan. Tanpa kita sadari keduanya adalah pelajaran hidup yang terselip di antara perbuatan kita sehari-hari. Ambil contoh, saat ada orang yang berbuat jahat pada kita, lalu kita merasa tidak enak dengan sikapnya itu, maka sebaiknya kita jangan melakukan hal yang sama terhadap orang lain, lantaran orang lain pun akan merasakan apa yang kita rasa. Karena, setiap orang punya perasaan yang sama. Maka, agar hidup kita selalu tentram dan damai, jangan sekali-kali melakukan itu terhadap orang lain. Cukup kita saja yang merasakannya.

Dan ketika ada orang yang berbuat baik terhadap kita, dan kita merasa nyaman atas sikapanya, maka lakukanlah itu terhadap orang lain, karena mereka pun akan merasakan apa yang kita rasakan. Memang, semua ini terlihat sepele, tapi kalau kita peka, kita akan mendapatkan pelajaran hidup yang berharga tanpa harus mengeluarkan biaya untuk bisa mendapatkannya. Intinya, kita harus peka. Karena kepekaan adalah modal utama untuk meraih itu. Mungkin, ini adalah salah satu pelajaran hidup yang kadang diabaikan oleh kebanyakan orang. Sehingga, ketidaknyamanan dalam hidup pun selalu menggelayuti di kehidupannya.