Burung merpati adalah burung yang sering dijadikan lambang cinta dalam pernikahan. Tak heran banyak dijumpai undangan-undangan pernikahan, kartu ucapan yang menggunakan gambar burung merpati ini sebagai lambang utamanya. Ternyata dibalik penggunaan lambang burung merpati ini bukannya tanpa alasan. Ada sebuah filosofi yang memiliki makna dari sepasang burung merpati.

Tahukah kalian burung merpati adalah burung yang tidak memiliki empedu, sehingga merpati tidak menyimpan kepahitan-kepahitan dalam hidupnya. Hal ini memiliki makna bahwa seseorang yang tidak memendam kepahitan dalam hidupnya, berarti dia adalah orang yang tidak menyimpan dendam terhadap siapapun.

Selain itu merpati adalah burung yang setia terhadap pasangannya. Berbeda dengan beberapa hewan ataupun burung yang berganti-ganti pasangan untuk berkembang biak, merpati adalah burung yang setia terhadap pasangannya. Pasangan burung merpati biasanya satu untuk seumur hidupnya. Itulah alasan mengapa merpati kerap dijadikan sebagai lambang kesetiaan dalam hubungan.

Burung merpati adalah burung yang dijadikan sebagai lambang dalam kesetiaan cinta. .Merpati tahu betul bagaimana membangun sebuah kerjasama. Hal ini terlihat ketika sepasang merpati bekerja sama membuat sarang. Sang jantan dan betina silih berganti membawa ranting untuk sarang anak-anak mereka. Jika sang betina mengerami, sang jantan berjaga diluar kandang. Jika sang betina kelelahan, sang jantan gantian mengerami dan merawat anak mereka.

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai burung merpati yang kerap dijadikan sebagai lambang kesetiaan dalam cinta. Jika merpati saja dapat setia, lantas bagaimanakah dengan kita?