Yoon Si-Yoon (YSY) adalah aktor asal Korea Selatan. Ia menjadi terkenal di Indonesia sejak menjadi pemeran utama drama korea yang berjudul "Bread, Love and Dreams" dengan Kim Joo Won. Dalam reality show yang sekarang Ia ikuti (2 Days 1 Night – Season 3) tepatnya pada episode Ewha Woman University, ia menceritakan mengenai pendapatnya tentang materi berjudul "Jalan yang bahkan GPS pun tak dapat menemukannya". Saya sangat tertarik untuk membaginya dengan pembaca hipwee karena menurut saya ini bisa menjadi motivasi untuk saya dan kalian semua – para pembaca.

Orang pada masa sekarang terlihat tahu mengenai banyak hal, tetapi sebenarnya kita tidak tahu siapa sebenarnya diri kita. Kita tidak tahu apa yang kita inginkan, apa yang membuat kita senang dan sedih. Jika kita ingin melakukan tes kepada anak remaja pada masa sekarang tentang mimpi mereka, mereka tidak banyak tahu. Jika mereka tahu pun, biasanya tak dapat menjelaskan alasan mengapa mereka ingin menjadikan mimpinya sebagai kenyataan.

YSY menceritakan kalau ia baru keluar dari wajib militer, dan di sana ia bertemu banyak laki-laki yang berusia 20 tahunan (usia anak kuliahan) dan mereka memiliki masalah yang sama. Kebanyakan dari mereka bertanya, "Bagaimana seharusnya saya menjalani hidup?" Itu yang ia jumpai secara langsung.

Ia membuat sebuah pertanyaan, begini bunyinya "Jika kalian memiliki satu hari dimana kalian dapat menjadi apapun yang kalian inginkan dan kalian harus bahagia di hari itu, apa yang akan kalian lakukan untuk benar-benar membuat kalian bahagia?" Saya sendiri tidak tahu harus melakukan apa. Sebanyak apapun kita membaca, sedalam apapun kita berpikir, itu tidak menjadikan kita tahu siapa diri kita yang dapat membuat kita bahagia pada hari itu. Hanya satu hari, itu tidak akan mungkin.

Menemukan tujuan di jalan besar adalah mudah. Namun jika kalian mau untuk sedikit berputar menyusuri jalan kecil (dengan tujuan yang sama), kalian akan menemukan indahnya perjalanan kalian yang tak pernah kalian lihat sebelumnya. (Yoon Si-Yoon)

Advertisement

Mudah untuk kalian menemukan destinasi kalian di jalan besar (highway) karena itu mudah untuk dicapai. Namun jika kalian memutar menyusuri jalan yang kecil di sekitar kalian, kalian akan melihat pemandangan yang belum pernah kalian lihat sebelumnya. Akan ada jalan yang terjal, sulit dam melelahkan namun nantinya kalian akan menyadari berapa indah dan berartinya jalan yang kalian tempuh.

Kemudian YSY menceritakan masa lalunya. Proses seorang pelajar, yang tiba-tiba disuruh ikut casting pemain "High Kick". Ia mengatakan bahwa ia bahkan tidak tahu cara membaca naskah skenario dan mengaku aktingnya jelek, namun ternyata rating sitkom tersebut bisa mencapai 20-30%. Setelah itu ia banyak mendapat tawaran berbagai iklan dan bisa menghasilkan uang sendiri untuk membeli mobil. Sejak itu, orang mulai memperlakukannya berbeda. Kemudian ia bermain dalam drama "Bread, Love and Dreams" ini bahkan terkenal juga di Indonesia.

Drama tersebut mendapat rating hingga di atas 50%. Tinggi sekali, jika kita membayayangkan sebagai dia, pasti sangat senang bukan? Namun YSY malah takut, ia mengaakan bahwa itu bukan pencapaian dirinya, ia hanya beruntung. Setelah drama itu selesai ia mulai bersembunyi, menghindari berada di lingkungan publik. Kalian tahu kenapa? Karena Ia menyadari bahwa tidak sesempurna asumsi publik dan ia takut itu semua terbongkar.

Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman kalian. Cobalah jalan baru, sesuatu yang indah sedang menunggu kalian.

Pada sisi lain, partner kerjanya seperti Kim Joo-Won, Shin Saekyeong, Park Shin-Hye dan Choi Daniel mereka terus berusaha walaupun mereka pernah gagal juga. Mereka tak takut dengan haters netizen, mereka terus memerangi haters dengan terus berkarya. Lalu ia menyadari itu semua ketika sedang menjalani wajib militer, ia mengatakan bahwa ia sangat menyesal. Ia membayangkan bagaimana indahnya hidup mereka sekarang, ia benar-benar menyesal karena dulu ia takut untuk mengalami hidup yang tidak stabil, dulu ia menghindari naik – turunnya perjalanan hidup.

Hidup seseorang tak selamanya mulus, kita harus berani melaluinya walaupun butuh perjuangan untuk mencapai tujuan abadi.

Sekarang ia ingin kita semua melihat betapa indahnya naik – turunnya perjalanan hidupnya sendiri, tanpa rasa takut. Memang tidak mudah, itu akan susah untuk menaiki bukit yang terjal dan sangat mengerikan ketika turun. Namun kita harus mencobanya. Karena ini hidup kita dan kita tidak boleh untuk menyesal lagi.

Dari berbagai lika-liku hidup yang telah ia alami, sekarang YSY mulai untuk memberanikan diri "keluar dari zona nyamannya" dan mencoba hal-hal baru. Ia mulai membuka diri untuk lebih banyak tampil di depan publik, menjadi member 2D1N (reality-variety show) dan ia terlihat sangat menyukainya.

Dari cerita Yoon Si Yoon (a.k.a Yoon Dong Gu) saya belajar banyak. Seseorang yang saya kira hidup bahagia dengan label selebriti Korea Selatan, ternyata memiliki masalah yang cukup besar. Ini menginspirasi saya untuk belajar untuk meninggalkan 'zona nyaman' dan mulai hal baru selagi muda. Masa saat ini tidak akan terulang, jangan sampai menyesal di kemudian hari hanya karena malas untuk bangun dan meninggalkan zona nyaman.