Menyerah itu gampang, gampang sekali, seperti membalikan telapak tangan. Tahukah kamu bahwa ketika kamu memutuskan untuk menyerah atas perjuangan panjang yang telah kamu lakukan, alam semesta seakan akan mendukungnya. Bukan karena kamu ditakdirkan untuk gagal dan bukan juga karena memang itu tidak pantas untuk diperjuangkan, tetapi karena kamu adalah apa yang kamu bayangkan.

1) Dengarkan hati kecilmu

Jangan pernah mengabaikan suara dari dalam dirimu sekecil apapun yang mungkin terdengar gila, aneh bahkan menyeramkan sekalipun. Every word counts. Pada titik tertentu, pikiranmu seakan akan meluruhkan semua semangat yang ada dalam jiwamu, pada titik inilah hati kecilmu akan mengambil peran. Terkadang, ada hal hal yang tidak bisa kita timbang dengan akal sehat, ada kondisi di mana data data statistik tidak bisa membuktikan kenyataan.

Pernah dengar istilah “Bola itu bundar”? Ya, apapun bisa terjadi selama kamu percaya, percaya bahwa kamu itu lebih dari apa yang kamu bayangkan. Suara suara inilah yang akan membuatmu menyadari bahwa kita tidak seharusnya menyerah saat ini.

2) Tiap manusia punya tujuan

Advertisement

Apakah kamu tahu tujuanmu selama ini? Banyak orang melupakan apa yang mereka sebut “tujuan”. Itu bukan sekedar target yang harus dicapai, lebih dari itu. Hal-hal yang membuat kamu melipat selimut dan beranjak dari kasur, itulah tujuan. Apa yang selalu membuatmu takut kegagalan, itulah tujuan. Tidak ingin membuat orang yang kamu sayangi bersedih, itulah tujuan, tujuanmu yang selama ini kamu kubur di sisi terdalam hatimu.

3) Tidak apa merasa lelah

Kita bukanlah pahlawan super yang selalu membantu orang dengan kekuatan super, bahkan pahlawan super pun punya batas kekuatan. Intinya, tidak apa apa merasa lelah, tidak apa apa menunjukan pada orang di sekeliling kita bahwa kita sudah mencapai titik kemampuan yang kita punya saat ini.

Itu bukan lah hal yang perlu kita anggap memalukan karena membuka diri soal kelemahan kita kepada orang lain adalah hal yang diperlukan. Sebagaimana manusia itu hidup pasti butuh manusia lain untuk bersandar atau sekedar bertegur sapa, jadi berkeluh kesah lah kapan pun kamu butuh itu.

4) Semua akan indah pada waktunya

Memang terdengar seperti istilah dari negeri dongeng, tetapi dengan kamu berpikir bahwa semua akan indah pada waktunya membuat semangat kamu dan harapan kamu semakin terbakar. Ini akan terjadi sebaliknya jika kamu terlalu skeptis, kamu pasti akan berpikir untuk apa saya berjuang dan terus berdiri di hadapan gempuran masalah jika pada akhirnya saya tetap terkubur di bawah kegagalan?

Untuk apa saya bergantung pada angan angan semu jika hidup ini hanya sementara? Harapan adalah satu-satunya bibit kehidupan yang potensial di dunia ini. Berharap akan indah membuatmu punya alasan untuk tetap berdiri sampai sekarang.

5) Ingat, kenapa kamu memulainya

TIdak ada asap tanpa api. TIdak ada akibat tanpa sebab. Setiap perjalanan pasti ada sesuatu yang memicu kamu untuk melakukan perjalanan itu. Layaknya tradisi pada saat lebaran, yang lain dan tak bukan adalah mudik. Kenapa semua orang berbondong-bondong pulang ke kampungnya masing-masing tiap tahun padahal sudah tahu bahwa itu pasti akan melelahkan dan juga menguras kocek yang sangat dalam?

Yang mereka pikirkan hanya satu, yaitu bertemu sanak saudara di kampung, berbagi cerita serta kebahagiaan. Apakah itu tidak cukup menjelaskan bahwa bukan tentang bagaimana lelah nya kamu berjalan atau apa yang akan kamu korbankan nantinya, tetapi tentang atas dasar apa kamu memulai perjalanan tersebut. Itulah yang akan mengisi bahan bakar semangatmu, Ketika kamu jatuh kita punya alasan untuk bangkit karena alasan kamu memulai ini lah yang akan menarik kamu bangkit saat jatuh.

6) Ingat, di luar sana ada yang mencintaimu sepenuh hati

Terlepas dari cita-cita kamu dan impian kamu yang ingin kamu capai. Seberapa banyak keringat yang sudah kamu keluarkan selama perjalanan yang melelahkan ini, dan juga seberapa banyak kamu jatuh dalam pencarian jati diri yang kamu tempuh, kamu selalu punya rumah untuk kamu rindukan, kamu selalu punya tempat untuk kembali. Tempat di mana semua luka dan kesedihan seakan akan sirna seperti debu yang terhempaskan oleh sapuan angin.

Rumah yang selalu menerimamu dengan tangan terbuka kapanpun juga, tidak peduli seberapa berhasilnya kamu atau seberapa gagalnya kamu, dia akan mengeringkan hatimu dari kebencian dan mengisinya kembali dengan cinta. Cinta yang tak bisa orang lain berikan, hanya untuk kamu.

Do not Lose hope. Your loved one will always be with you. No matter what.