Banyak orang mengatakan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Terdengar usang memang, tapi pepatah tersebut benar adanya. Siapa yang berhasil pasti pernah merasakan kegagalan sebelumnya. Mau tidak mau, seharusnya kita memang selalu siap berhadapan dengan itu.

Kegagalan memang selalu diiringi dengan rasa sakit dan patah semangat. Namun, jika kegagalan membuat seseorang kapok dan enggan lagi melakukan usahanya, tak akan ada cerita Harry Potter yang lahir dari tangan seorang penulis yang berkali-kali ditolak oleh penerbit. Tak akan ada karakter Mickey Mouse dan tokoh kartun lainnya yang lahir dari seorang kartunis yang pernah dipecat karena dianggap miskin ide dan imajinasi. Tak pula ada lagu-lagu The Beatles yang melegenda jika personilnya mundur ketika salah satu perusahaan rekaman menganggap grup band tersebut tak punya masa depan di industri musik.

Tak bisa dipungkiri lagi, hal yang paling sulit dari sebuah kegagalan adalah cara bangkit setelahnya. Memilih untuk mencoba dan memulainya kembali atau memutuskan untuk selesai dan mengusahakan hal lainnya. Keduanya sama-sama sulit. Karena setiap usaha memiliki resiko, sekalipun dengan cara yang paling aman.

Kebanyakan orang yang sedang mengalami kegagalan, hidupnya stuck karena ia merasa hidupnya sudah berakhir, but life’s never work like that. Jika kamu gagal, Jangan mencari kambing hitam atas kegagalan-kegagalan yang menimpamu. Jangan penuhi dirimu dengan energi-energi yang buruk.

Jika kamu sedang gagal di sekolah karena nilaimu menurun, belajar lagi. Koreksi apa yang kurang dari cara belajarmu dan perbaiki lagi di semester berikutnya. Jika kamu sedang gagal dalam meniti karir, berusaha lebih keras lagi. Analisa kembali dimana letak kesalahannya dan buat rencana yang lebih matang. Jika kamu gagal dalam menjalani sebuah hubungan, mulai introspeksi diri. Coba renungkan kembali apa yang salah selama kamu menjalani hubungan dengannya dan ubah sikap burukmu pada hubungan di masa selanjutnya.

Advertisement

Karena sebenarnya, kamu tak akan menjadi lulusan terbaik, jika belajarmu tidak lebih giat lagi. Kamu tak akan mendapatkan karir yang terus menanjak, jika usahamu tidak lebih keras lagi. kamu tak akan mendapatkan yang tepat jika kamu belum belajar dari pertemuan dengan yang salah. Dan kamu tak akan menjadi dirimu lebih dari yang sekarang jika kamu tidak gagal.

Sebentar lagi 2016 berakhir dan tahun yang baru akan segera datang. Jangan buat resolusi tanpa reaksi. Buat selalu rencana lengkap dengan tindakannya. Jangan buat dirimu terus berjalan di tempat. Setiap orang selalu punya jatah gagalnya masing-masing dan masa muda hanya sebentar. Maka segera habisilah jatah gagalmu, dan temukan keberhasilan dengan segera.