Karena hidup bukan melulu tentang mendapatkan, menerima dan memberi, tapi juga ada saat di mana kita harus kehilangan. Seperti yang aku alami sekarang ini,”kehilangan.”

Apa yang harus aku lakukan bukankah sudah jelas? Yah aku harus ikhlas menerima keadaan ini, ini hanya salah satu bagian dari proses hidup, dan bukan hanya aku yang mengalaminya. Bahkan ketika aku hanyut dalam kesedihan, bukankah apa yang telah hilang tetap saja akan hilang, kesedihan tak membawanya kembali.

Justru kesedihan hanya akan membuat hati semakin kacau saja. Lagipula, waktu terus berputar, dan semuanya akan berlalu, maka apakah aku harus melarutkan diri dalam kesedihan? Tentu saja tidak ! Selain itu, aku jadikan kejadian ini sebagai pelajaran, sehingga kejadian yang serupa tak akan terulang kembali.

Anggapan orang lain mungkin berkata aku ini terlalu munafik. Tapi inilah adanya, aku hanya ingin menjadi orang yang selalu bersikap positive saja, meskipun mungkin akan ada yang berkata bahwa bersikap demikian pun tak akan menyelesaikan masalah.

Tapi bukankah larut dalam ratapan kesedihan juga tak akan menyelesaikan masalah pula?

Advertisement

Dan setidaknya sikap positive akan membawaku pada keadaan hati yang lebih tenang. Karena apabila aku bersyukur pada saat mendapatkan sesuatu maka apakah tidak sebaiknya aku belajar ikhlas pada saat kehilangan?

Lagipula, orang bijak berkata,” a big lesson comes by a big problem.” Bukankah ini sudah jelas-jelas bersikap positive pada masalah dan menjadikannya sebagai pelajaran akan membawakan pelajaran yang berharga untuk diri sediri?

Bukan hanya itu, mengikhlaskan dan tetap bersikap positive juga akan membantuku meningkatkan level kedewasaanku.

Meskipun ini adalah hal yang sungguh tak mudah untuk kulakukan. Tak jarang akupun duduk meringkuk di sudut kamarku meratapi nasibku, tanpa semangat seorang teman, tanpa nasihat dari orang tua, hanya aku, hanya ada aku seorang diri.

Yang bisa aku lakukan hanyalah mencoba memotivasi dan meyakinkan diriku sendiri untuk keluar dari rasa takutku sendiri dan mencoba untuk berpura-pura berani.