Sudahkah kita bersyukur atas apa yang kita miliki dan apa yang kita terima pada hari ini? Sudahkah kita mengucap syukur padaNya atas berkat dan anugerah yang selalu Ia limpahkan kepada kita? Atau justru sebaliknya? Kita marah padaNya? Kita menuntut agar Ia memberikan segala yang kita inginkan? Kita marah karena kita menemukan suatu kekurangan yang ada pada diri kita? Atau kita marah karena seseorang mengolok kita karena kekurangan kita? Lalu kita menyalahkanNya hanya karena seseorang mengolok – olok kita?

Setiap orang pasti pernah merasakan dimana ia merasa kecil hati, merasa berbeda, merasa Ia tidak adil karena orang lain mengolok-olok kekurangan kita dan mereka berpikir bahwa mereka sudah lebih baik dari pada kita. Namun yang harus kita pikirkan bukanlah perkataan orang lain, tapi lihatlah masih banyak orang diluar sana yang belum seberuntung kita. Tidakkah kita berpikir bahwa banyak orang diluar sana yang mungkin menginginkan hidup kita karena mereka tidak seberuntung kita. Berpikirlah bahwa langit diatas takkan ada habisnya. Janganlah kita melihat keatas, lihatlah kebawah karena hal itulah yang akan membuat kita bersyukur atas apa yang ada pada diri kita. Bersyukur karena kita boleh mencicipi indah dunia yang Ia ciptakan.

Jika kamu tidak tampan atau cantik kamu tidak perlu cemas karena Tuhan tidak pernah menilai rupa umatNya, Ia akan senantiasa mencintaimu dan melimpahkan kasihNya kepadamu. Ia pun akan mengirimkan orang-orang terbaiknya untuk menemanimu ketika kamu hidup didunia ini.

Jika kamu tidak memiliki warna kulit bak porselin (porcelain) seperti mereka yang hidup diluar dari negara tropis tak perlu berkecil hati, bersyukurlah karena kamu memiliki dua tangan lengkap berserta sepuluh jarinya, dua kaki lengkap beserta sepuluh jarinya, dua mata yang bisa melihat, satu hidung untukmu bernafas, dua telinga yang membuatmu mendengar segala bunyi, satu mulut dan lidah untukmu berbicara, bernyanyi dan mengecap rasa. Bersyukurlah karena kamu tak kehilangan salah satu dari mereka.

Jika tubuhmu tidak begitu tinggi bersyukurlah karena kamu masih mampu berdiri, berjalan, dan berlari dengan kedua kaki yang kau miliki tanpa bantuan alat apapun.

Advertisement

Jika matamu kecil bersyukurlah karena dengan kedua matamu kamu masih bisa menikmati indah alam ciptaanNya.

Jika hidungmu kecil bersyukurlah karena dengan hidungmu kamu boleh menghirup udara segar dipagi hari yang telah Ia siapkan untukmu.

Jika kamu tidak berkelimpahan harta itu tak apa, karena harta terindahmu adalah hati yang lapang, dan itulah yang akan membuatmu takkan pernah kekurangan. Berkat dan rahmatNya akan selalu tercurah atasmu.

Apapun kekurangan yang kamu miliki jangan sampai membuatmu kecil hati tapi bersyukurlah, ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah menciptakan seorang manusia yang sempurna. Ia menciptakan umatNya dengan kekurangan masing-masing agar kita bisa melengkapi satu sama lain. Namun Tuhan juga tidak lupa untuk menitipkan talenta-talenta pada kita untuk kita kembangkan dan untuk mengganti kekurangan yang kita miliki. Karena Tuhan itu adil, Tuhan itu baik, ia takkan menyusahkan kita sebab Ia mencintai dan menyayangi kita.

Dan ketika kamu sudah bersyukur kepada Tuhan, percayalah bahwa takkan ada nikmat Tuhan yang mampu kau dustakan lagi.