Pacar kamu yang introvert memang sulit ditebak, tapi jangan menyerah dulu ya. Kamu perlu mengerti bahwa tidak semua manusia di bumi ini memiliki kepribadian yang sama. Terbiasa hidup di lingkungan yang dinamis mungkin membuat kamu cepat frustasi menghadapi mereka yang pendiam. Terlebih lagi ternyata kamu jatuh cinta dengan seorang introvert. Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami agar hubunganmu berjalan dengan baik.

1. Mengerti akan kebutuhan kalian yang berbeda

Ekstrovert mendapatkan energi yang lebih dari orang lain, sedangkan introvert mendapatkan energi ketika mereka sedang sendirian. Kamu perlu mengerti bahwa pacar introvert-mu butuh ruang untuk bisa menikmati waktunya sendiri. Introvert sangat menikmati keheningan di tengah dunia yang tidak bisa berhenti bicara. Kesendirian adalah sesuatu yang benar-benar dia butuhkan, bukan hal yang dia sengaja untuk menghindari kamu. Dia butuh mengisi energinya yang terkuras karena banyak dihabiskan dengan berbicara maupun berada di tengah keramaian.

Berikan dia kesempatan untuk berdiam diri tanpa berbicara. Saat kamu memberikan jarak, justru perasaannya akan semakin besar dan benar-benar menghargai kamu. Dengan memahami kebutuhan pasangan, tentu kamu akan belajar bagaimana menghadapi situasi yang ada di dalam hubunganmu dan dampak apa yang akan kamu dapatkan.

2. Tunjukkan ketulusanmu padanya, tidak perlu memiliki ekspetasi dari tindakan yang kamu lakukan terhadapnya.

Advertisement

Sebagai ekstrovert tentu kamu lebih mudah untuk mengekspresikan perasaanmu, baik itu melalui tindakan maupun ungkapan sehari-hari. Berbeda dengan introvert yang cenderung memendam apapun yang dia rasakan. Tidak mudah baginya untuk mengatakan semua yang dia rasakan terhadapmu. Saat kamu melakukan apapun untuknya, lebih baik jangan berharap dia akan memberikan hal yang sama terhadapmu. Ekspresinya pun mungkin cenderung biasa saja, tapi jangan kecewa dulu ya. Percayalah, hatinya jauh lebih ekspresif dibandingkan apa yang dia tunjukkan. Suatu hari dia akan memberikanmu hal-hal yang tidak kamu duga, dan itulah keistimewaan seorang introvert yang akan kamu rasakan.

3. Hargai setiap hal kecil yang dia lakukan terhadapmu.

Mungkin seringkali kamu tidak menyadari bahwa ada beberapa hal yang dia lakukan terhadapmu untuk menunjukkan seberapa besar perasaannya. Se-sederhana apapun tindakan yang dilakukannya, kamu perlu menyadari dan menghargai semua itu. Paling tidak, kamu berikan apresiasi bahwa apa yang dilakukannya itu sudah cukup membuatmu mengerti tentang apa yang dia rasakan. Hargai hal kecil yang dia lakukan, itu akan mendorongnya untuk terus berusaha memberikan yang terbaik untuk kamu.

4. Ingatkan dia bahwa kamu akan selalu ada untuknya

Introvert sering memikirkan banyak hal yang bisa mempengaruhi sikapnya sehari-hari. Ketika introvert sedang berpikir, biasanya dia akan terjebak dalam benteng yang dia bangun sendiri. Dengan kata lain, akan sulit bagi orang lain masuk dan bertanya mengenai hal-hal yang sedang dia pikirkan maupun yang terjadi padanya. Kamu sebagai pasangannya perlu menyadarkan dia bahwa kamu akan selalu ada untuknya dan membantunya untuk memilah semua hal yang dia pikirkan. Kamu tidak perlu terburu-buru atau memaksakan diri ingin membantunya, cukup berikan dia perhatian yang membuatnya yakin bahwa kamu tidak akan pergi dan selalu ada di sampingnya. Ketika dia sudah siap, kamu pasti orang pertama yang akan dia cari.

5. Kamu perlu kesabaran yang luar biasa, karena itu adalah salah satu kunci untuk bisa mengerti introvert

Kamu perlu paham jika berurusan dengan seorang introvert itu butuh kesabaran yang lebih. Introvert need time, a lot of time. Percayalah jika perasaanmu begitu besar padanya, maka kamu akan memiliki kesabaran itu. Tidak mudah untuk menjalin hubungan dengan seorang introvert, apalagi jika dia belum terlalu nyaman untuk sepenuhnya membuka apa yang ada di dalam dirinya. Kamu akan kesulitan pada awalnya, tapi jika dia sudah bisa menemukan sesuatu yang tepat di dalam dirimu, maka dia yang nantinya akan selalu mendekat ke kamu. Percayalah, kamu akan semakin menikmati kebersamaanmu denganya.