Salahku kenapa aku memusatkan kebahagiaan hanya pada satu orang. Hal itu ternyata sangat fatal.

Aku sadar pada setiap masalah yang aku hadapi. Setelah aku merenungkan kenapa masalah ini bisa terjadi. Ternyata sumber masalah itu datang dari diriku sendiri. Salahku kenapa aku memusatkan kebahagiaan hanya pada satu orang. Hal itu ternyata sangat fatal. Ketika kamu kehilangan sumber bahagiaanmu, yang kamu rasakan hanyalah kesedihan, kekecewaan, dan keputusasaan. Mungkin orang yang menjadi sumber kebahagiaanmu itu memiliki sejuta sumber kebahagiaan lain. Dan kamu bisa apa? Menuntutnya banyak hal hanya akan menambah bebanmu. Dia tidak akan peduli. Salahku ketika aku tidak bisa mencari kebahagiaan lain, bahkan dalam keluargaku sendiri. Yang kemudian aku menjatuhkan kebahagiaan kepada orang lain, yang bahkan aku tidak berfikir akan resiko yang terjadi.

Mungkin orang yang menjadi sumber kebahagiaanmu itu memiliki sejuta sumber kebahagiaan lain. Dan kamu bisa apa? Menuntutnya banyak hal hanya akan menambah bebanmu. Dia tidak akan peduli.

Jadi pelajaran yang bisa di dapatkan adalah, jangan pernah memusatkan kebahagiaanmu pada satu titik dimana akan menjadi candu untukmu. Ibarat kamu memakai narkoba, satu hari saja kamu tidak memakannya, hidupmu akan gelisah, tidak ada kebahagiaan yang bisa kamu dapatkan. Carilah kebahagiaan sebanyak mungkin, dimanapun dan dari manapun. Tingkatan kebahagiaan orang itu berbeda-beda. Ada yang bisa makan 3 kali sehari saja sudah merasa bahagia. Namun, ada juga yang bahagia ketika bisa makan makanan mahal setiap harinya. Banyak bersyukur memang salah satu kunci kebahagiaan, namun banyak usaha dan terus meningkatkan jiwa sosialisasi akan lebih membuatmu merasa bahagia. ketahuilah, banyak bersosialisasi akan membuat pikiranmu lebih terbuka. Tipe orang memang berbeda-beda, ada yang supel dan mudah bergaul,ada yang introvert, pemalu, pada intinya tinggal seberapa besar kamu ingin merubah dirimu sendiri.

Tapi kamu perlu tahu, bahwa puncak tertinggi dari bahagia adalah ketika kamu bisa berbahagia dengan dirimu sendiri, tanpa menggantungkan diri terhadap orang lain, atau apapun di dunia ini.

Advertisement

Jangan menyesal apabila kamu pernah melakukan kesalahan. Karena belajar dari kesalahan tersebut akan membuatmu bisa berfikir dan berintropeksi bahwa sebenarnya sumber masalah itu ada pada dirimu sendiri, tinggal bagaimana kamu menyikapinya. So, cheer up guys! There’s always a rainbow after the rain. 🙂