Di dalam kehidupan, belum tentu banyak orang yang mau menerima seseorang sebagai teman di dalam lingkungan mereka. Itu tentunya ada sebab yang tersirat. Dimana orang itu ingin kamu sadar dan mencari tau sebabnya. Apabila dipikirkan, kenapa orang itu tidak memberitahukan saja? Karena setiap orang itu berbeda-beda kepribadiannya, ada yang berani untuk mengutarakannya atau ada yang takut menegur kamu karena takut kamu tersinggung.

Tetapi, jangan langsung men-judge atau menjauhi orang yang belum menerima kamu secara tidak langsung atau menyalahi diri kamu yang merasa bahwa diri kamu sendiri yang menyebabkan permasalahan itu terjadi. Apalagi memaksa mereka untuk menyukai kamu atau menyakiti diri sendiri. Ingat teman, penilaian seseorang terhadap kamu itu memiliki alasan yang murni adanya, dan kemurnian itu adalah kejujuran. Jadi, kembali kepada diri kamu sendiri, kamu menjauhi mereka dengan masalah kamu yang ada di dalamnya atau kamu mendekati mereka dan meminta penjelasan kepada mereka dan diiringi dengan kemauan untuk mengubah keburukan yang ada di dalam diri kamu dan membuat itu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Nah, di sini ada beberapa tips atau cara yang bisa membantu untuk bangkit dari masa lalumu!

1. Berikan waktu luang pada diri kamu untuk menyendiri dan mengingat permasalahan yang sedang menimpah dirimu. Di sini bukan berarti kamu menghakimi diri kamu sendiri, tetapi menganalisa apa permasalahan yang ada di dalam diri kamu dan meyakinkan diri kamu bahwa masalah yang kamu hadapi ini mempunyai solusinya.

2. Jangan pantang menyerah dengan segala masalah yang sedang kamu hadapi. Walaupun kamu merasa sulit untuk melepaskan kenangan masa lalu yang buruk, entah itu percintaan, persahabatan, dan sebagainya, itu merupakan hal yang wajar terjadi. Karena apabila kita terus fokus pada masalah yang lalu, secara tidak kita sadari kita akan mengabaikan kehidupan di masa depan. Kita boleh mengingat masa lalu itu, tapi jadikanlah masa lalu itu menjadi sesuatu hal yang dapat kamu pelajari dan menaikkan level kamu menjadi orang yang lebih baik lagi.

Advertisement

3. Maafkanlah kesalahan yang pernah kamu lakukan atau yang pernah dilakukan orang lain kepada kamu. Karena setiap manusia itu tidak luput dari kesalahan. Mulailah memaafkan dan berbenah dirilah itu hal yang baik dilakukan.

4. Bersyukur sambil mengambil hikmah di balik setiap permasalahan. Baik itu kejadian besar maupun kejadian kecil, pasti memiliki hal positif yang dapat kamu ambil dan mempunyai pengaruh besar untuk dirimu sendiri. Jangan pernah sekali-sekali mengucapkan atau berpikir bahwa anda sungguh menyesal telah melakukan itu. karena segala sesuatu yang kita lakukan adalah pilihan kita sendiri dan memiliki risiko yang akan kita tanggung sendiri. Sehingga, apabila kita bersyukur sambil mengambil hikmah, anda akan berpikir bahwa hidup anda sangat berwarna dan indah.

5. Fokus pada kehidupan kamu yang baru. Kamu bisa melakukannya dengan cara menyibukkan diri kamu dengan berbagai macam kegiatan positif yang ada di lingkungan sekitar kamu, seperti mengikuiti kegiatan kampus, melakukan tour, mengasah skill dan bakat terpendam kamu, dan masih banyak lagi hal positif lainnya yang bisa kamu lakukan dengan teman-teman dekatmu. Apabila kamu malah senang dengan masa lalumu, kamu sama saja akan menyiksa atau beperilaku kejam terhadap diri kamu dan itu akan membuat kamu menjadi depresi dan akan terus dibayangi dengan perasaan salah. Jadi, cintailah diri kamu dan buatlah diri kamu bahagia dengan hal-hal yang membangun dan positif.

6. Jangan lupa berdoa dan menyerahkan semua masa depanmu kepada sang Pencipta. Karena masa depan kita hanyalah milik Dia dan kitalah yang menjalankannya. Karena dengan cara kita terus berkomunikasi dengan Sang Pencipta, kita akan merasa bahagia dan diawasi oleh Dia dan juga akan dituntun di jalan yang benar dan aman walaupun kita juga akan mengalami berbagai macam kejadian. Karena dengan berdoa juga kita mendapatkan jawaban yang kita butuhkan didalam hidup ini.

 


Move On atau bangkit dan memperbaiki diri sendiri itu tidak ada kerugiannya, malah itu akan menampilkan kepribadian kamu yang istimewa. Memperbaiki diri sendiri tidak akan sulit, apabila kamu memiliki kemauan yang kuat dan meminta Sang Kuasa untuk membimbing kamu.