Proses rekrutmen kurang lebih mirip dengan proses penjualan. Anda diibaratkan menjual produk yang paling penting, yaitu diri anda sendiri. Anda harus memiliki cara untuk membuat orang tertarik pada anda. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan selama menjalani proses rekrutmen.

1. Pantau Posisi Yang Anda Minati.

Seringkali para pencari kerja tidak tahu mereka melamar untuk posisi apa ketika perusahaan memintanya untuk datang interview dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Jika anda tidak memiliki pemahamam yang cukup terhadap posisi yang anda lamar, hal itu akan menimbulkan kesan bagi perusahaan bahwa anda tidak cocok dengan posisi tersebut.

2. Daftar ke Situs Lowongan Pekerjaan.

Jobsmart adalah situs pencari kerja yang memudahkan anda dalam menjalani proses rekrutmen, serta membantu anda untuk menemukan perusahaan yang tepat. Dengan menggunakan aplikasi Jobsmart, anda tidak perlu lagi menjalani psikotest di perusahaan karena saat mendaftar, anda sudah diminta untuk melakukan psikotest secara online.

3. Tunjukkan Kemampuan Anda.

Buatlah CV yang terbaik dengan menonjolkan kemampuan anda. Jangan sia-siakan setiap lamaran yang anda kirimkan. Baiknya anda melakukan penyesuaian terhadap lamaran yang anda kirimkan ke satu perusahaan. Misalnya anda melamar untuk menjadi penulis, maka anda harus menonjolkan kemampuan menulis anda di surat lamaran.

4. Manfaatkan Sosial Media.

Banyak perusahaan yang memiliki sosial media. Anda bisa gunakan kesempatan itu untuk mempelajari budaya perusahaan dan apa yang perusahaan inginkan. Informasi tentang perusahaan juga dapat anda gunakan untuk bahan perbincangan pada saat interview.

5. Gunakan Koneksimu

Advertisement

Jika anda tertarik untuk bekerja di suatu perusahaan tertentu, selain anda mempelajari budaya dan keinginan perusahaan anda juga bisa berjejaring. Periksa koneksi LinkedIn anda dan mulailah berjejaring dengan orang-orang yang ada di perusahaan tersebut. Anda bisa saja meminta bantuannya untuk membantu menyampaikan surat lamaran anda kepada HRD.

6. Mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas.

Rasanya pasti menyenangkan ketika mendapatkan email dari perusahaan yang menginfromasikan jadwal interview. Namun rasa senang itu langsung sirna ketika melakukan interview, ternyata posisi yang ditawarkan tidak sesuai dengan anda. Maka dari itu, lebih baik anda menghabiskan waktu untuk mencari pekerjaan yang sesuai dan anda inginkan dibandingkan menyebarkan lamaran ke banyak perusahaan yang kurang anda minati.