Bagi yang memiliki masalah dengan bau mulut tentu tidak pede dong bila ingin berkomunikasi dengan orang lain secara langsung. Bau mulut biasanya disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan di dalam mulut seperti jarang menggosok gigi, pengaruh makanan yang kita makan seperti makanan yang memang mengeluarkan bau yang tajam seperti petai, durian, dll atau dapat juga disebabkan oleh gigi berlubang. Bakteri pada gigi berlubang dapat menyebabkan bau mulut, baca juga Tips Merawat Gigi Agar Tidak Berlubang. Berikut cara menghilangkan bau mulut

Rajin Menggosok Gigi

Sangat dianjurkan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu sebelum tidur di malam hari dan sesudah bangun di pagi hari / sehabis sarapan pagi, namun alangkah baiknya sehabis makan kita juga menggosok gigi apalagi bila menu makanan kita mengandung bau – bau yang tajam seperti bau bawang putih, dll.

Berkumur Menggunakan Obat Kumur

Berkumur dengan menggunakan obat kumur juga efektif untuk menghilangkan bau mulut, selain dapat menghilangkan bau mulut, obat kumur juga dapat membunuh sisa – sisa bakteri yang ada di gigi kita yang menjadi salah satu penyebab bau mulut. Berkumurlah sehabis menggosok gigi.

Advertisement

Banyak Mengonsumsi Air Putih

Untuk menjaga kelembaban di mulut kita sering sering lah mengonsumsi air putih, mengapa kita harus menjaga kelembaban di mulut kita? Karena kondisi mulut yang kering juga menjadi penyebab bau mulut, dengan keringnya mulut maka berkurang pula air liur, padahal air liur mengandung antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri, oleh karena itu nafas kita lebih bau di pagi hari karena ketika tidur mulut menghasilkan sedikit air liur.

Kurangi Kebiasaan Merokok

Bagi yang memang memiliki kebiasaan merokok kurangi lah mulai dari sekarang, saya memiliki pengalaman ketika seseorang yang memang perokok berat berbicara dengan saya, wah saya merasa tidak nyaman sekali karena bau mulut yang begitu tajam dengan aroma tembakau yang begitu menyengat. Untuk itu saya berusaha seminimal mungkin berbicara dengan orang tersebut. Tentunya Anda tidak ingin dong dijauhi gara – gara bau mulut Anda yang tidak sedap.

Banyak Mengonsumsi Buah – Buahan

Sering lah mengonsumsi buah – buahan yang mengandung vitamin C agar mulut Anda juga terhindar dari sariawan yang dapat menyebabkan bau mulut, konsumsi lah buah yang menghasilkan banyak air serta kaya akan vitamin seperti Apel, Jeruk, Pir, Semangka, dll

Mengonsumsi Teh Hijau

Selain baik untuk kesehatan, teh hijau juga dapat menghilangkan bau mulut, karena teh hijau mengandung zat antioksidan yang dapat membunuh bakteri/kuman di dalam mulut.

Berkumur dengan Air Daun Sirih

Daun sirih sudah dipercaya sejak dulu dapat membantu menghilangkan bau mulut, oleh sebab itu produk pasta gigi sekarang banyak yang menggunakan daun sirih sebagai salah satu kandungan dari pasta gigi mereka. Caranya Anda dapat merebus beberapa lembar daun sirih, kemudian tunggu hingga air rebusan daun sirih tadi hangat kuku, kemudian kumur – kumur seperti Anda menggunakan mouthwash

Mencabut Gigi yang Berlubang

Gigi yang berlubang juga merupakan salah satu faktor penyebab bau mulut dikarenakan bakteri dari gigi yang berlubang tadi bersarang di mulut Anda dan tentunya ketika gigi Anda berlubang Anda menjadi takut untuk menggosok gigi di bagian yang berlubang dikarenakan rasa sakit yang akan timbul, sehingga mempercepat pertumbuhan bakteri di mulut Anda. Jadi bila Anda memiliki gigi berlubang cabutlah segera ke dokter gigi.