Ada seseorang yang melakukan pekerjaannya dengan senang, gembira dan bersemangat bahkan sampai tidak perduli terhadap keadaan disekitarnya. Mereka mengerjakan dengan fokus dan ‘enjoy’ siang dan malam. Energi yang dikeluarkan begitu kuat sehingga hasilnya dari pekerjaannyapun luar biasa.

Akan tetapi ada seseorang yang melakukan pekerjaannya biasa-biasa saja secara rutin. Mereka melakukan seperti mesin, kapan tombol mulai dan kapan tombol berhenti. Tidak terlalu bersemangat, tiada terpancar rasa senang dan gembira atas pekerjaan tersebut. Dia melakukan karena kewajiban yang mengharuskan dia melakukannya. Hasil dari pekerjaannya tersebut tidak ada yang luar biasa spektakuler.

Lalu apa sih yang membedakan keduanya? Ternyata yang mempengaruhi seseorang dalam melakukan sesuatu adalan passion.

Passion adalah perpaduan antara kenikmatan, makna dan perasaan (combination of pleasure, meaning and emotion). Ada juga yang mengartikan bahwa Passion adalah gairah yang benar benar memotivasi seseorang.
Memiliki passion akan meningkatkan daya tahan dalam bekerja atau melakukan sesuatu. Bekerja dengan passion, meniti karier dengan passion dan melakukan hubungan dengan passion tentu akan bertahan lama.

Tantangan dan rintangan apapun tidak akan mengendorkan semangat yang telah tertanam. Semangat besar tantangan dan rintangan akan semakin tertantang untuk menaklukkannya. Orang yang memiliki passion pantang menyerah ‘never give up”, apalagi takluk dan bertekuk lutut di hadapan situasi dan kondisi yang tidak mendukungnya.

Advertisement

Orang yang memiliki passion akan selalu mencari jalan keluar, kreatif dalam mengembangkan strategy dan berani mengambil resiko demi impian impiannya.