Indonesia memang begitu mempesona. Terlebih tentang alamnya, adat-istiadatnya, penduduknya hingga pada hasil olahannya yang juga beraneka ragam. Indonesia memiliki semuanya, bahkan Indonesia juga memiliki semua mimpi-mimpi kita tentang negeri dongeng.

Salah satunya adalah tanah Posong, tempat wisata alam yang terletak di Jl. Parakan-Wonosobo Km. 09, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Tergolong tempat wisata alam yang baru, namun menyimpan pesona yang luar biasa.

Tanah Posong berlokasi pada ketinggian 2.000 mdpl dengan pesona tujuh puncak yang menjulang yaitu Gunung Sumbing, Andong, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Muria dan gunung Ungaran. Persis saat kita menatap kedepan di tanah Posong kita akan melihat betapa mempesonanya puncak dari gunung sumbing untuk melihat pesona puncak gunung-gunung tersebut waktu terbaik adalah saat matahari terbit. Kita akan melihat garis-garis cahaya hangat dari matahari yang sedikit demi sedikit terbit menyinari bumi. Sungguh detik-detik ini nantinya akan menjadi detik yang akan selalu kalian rindukan.

Tidak perlu khawatir ketinggalan moment matahari terbit sebab di sekitar objek wisata alam Posong juga tersedia tempat peminjaman peralatan bermalam seperti; tenda camp, sleeping bed, bantal tiup dan lighting.

Tidak hanya itu saja yang ditawarkan dari tanah Posong, melainkan sejak kita memasuki objek wisata alam tanah Posong kita akan disuguhkan deretan perkebunan kopi yang terbentang luas, selain itu di antara deretan perkebunan kopi kita bisa melihat ladang sayur-sayuran yang bekualitas yang sengaja ditanam disamping-samping perkebunan kopi.

Advertisement

Selain itu keramah-tamahan dari warga sekitar juga menjadi daya tarik lain saat kita dalam perjalanan menuju puncak objek wisata tanah Posong.

Objek wisata alam tanah Posong, termasuk objek wisata yang dirasa cukup murah untuk dikunjungi.

Harga tiket sendiri yaitu Rp 7.000 untuk satu orang dan biaya parkir yaitu Rp 1.000 untuk sepeda motor. Dengan waktu kunjung dari jam 03.00 sampai 17.00 wib. Akses menuju objek wisata alam Posong juga terbilang layak namun tetap memeperhatikan kondisi kendaraan yang digunakan sebab medan yang lewati termasuk dataran tinggi otomatis jalan yang harus dilalui pun mendaki.

Semakin kita melihat bentangan pesona tanah Posong, maka semakin jatuh cintalah kita pada Negeri ini. Jatuh cintalah kita pada ke-Maha besaran dari Ciptaan Tuhan.

Tanah Posong, menawarkan pesona lainnya yaitu kopi hitamnya. Hampir di sepanjang jalan memasuki objek wisata kita akan melihat beberapa kedai kopi khas Posong. Suasana yang dingin dan sesekali kabut datang menutupi pegunungan adalah satu moment yang indah yang sayang beribu sayang jika dilewatkan begitu saja ditanah posong.

Sembari menantap langsung moment-moment indah akan lebih lengkap rasanya apabila ditemani kopi hitam asli dari tanah posong yang menggugah lidah para pecinta kopi ditambah beberapa gorengan hangat seperti tahu dan tempe goreng rasanya pas sekali, bahwa liburan kali ini akan berasa Indonesia banget.

Jika kita sedang beruntung kita juga akan melihat aktvitas dari warga lokal sekitar objek wisata posong yang tengah memanen hasil ladang. Mereka bahu membahu mengambil hasil ladang, memasukannya kedalam peti-peti kemudian di atas sana sudah menunggu mobil-mobil pick up yang siap memindahkan hasil ladang ke pasar ataupun ke pengepul.

Well, begitulah travel kece dari tanah Posong. Tertarik melihat pesona tanah Posong, segera atur jadwal liburan anda. Pastikan semua keperluan selama travel jangan sampe tertinggal ataupun terlupakan.

Tips: Untuk menadapatkan moment cantik matahari terbit, pastikan waktu travel tidak pada musim hujan, sebab biasanya kabut akan turun lebih cepat dan menutupi moment matahari terbit.Pastikan pula semua keperluan selama travel jangan sampe tertinggal ataupun terlupakan.