Status sebagai mahasiwa adalah status yang istimewa. Banyak hal yang hanya bisa kamu lakukan hanya ketika kamu menyandang status tersebut. Dibawah ini adalah hal-hal yang wajib kamu selesaikan sebelum kamu memakai topi toga di gedung megah universitasmu!

1. Daftarlah Beasiswa

Sob, nggak ada salahnya ngeringanin beban orang tua. Dengan mendaftar program beasiswa, selain kamu bisa membiayai uang kuliahmu sendiri, berbagai program beasiswa saat ini menawarkan paket pelatihan yang bisa bikin kamu eksis dan hits di perkuliahan.

2. Naik Gunung

Tidak perlu mendaki semeru atau rinjani, kamu juga bisa mendaki gunung merbabu atau gunung purba. Setelah lulus kuliah, kamu akan disibukkan oleh berbagai kegiatan yang membuatmu susah untuk meluangkan waktu menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang luar biasa ini. Ditambah lagi jadwalmu dan teman-temanmu yang tidak lagi satu frekuensi, jadi mending selama kuliah sempatkan waktumu untuk mendaki gunung. Agar perjalananmu aman, jangan lupa untuk mempersiapkan segala kebutuhanmu selama pendakian dengan baik.

Advertisement

3. Bergabunglah dalam Organisasi

Kuliah nggak ikut organisasi? Ketinggalan jaman banget. Organisasi bukan hanya tempat kamu belajar sesuatu diluar bangku perkuliahan tapi organisasi juga tempat dimana kamu bisa menemukan kawan-kawan yang akan menjadi teman senasib sepenanggungan selama kamu kuliah dan bahkan sampai kamu dewasa nanti.

4. Lakukan Pengabdian Masyarakat

Salah satu Tridharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Biaya kuliahmu sebenarnya juga sudah di subsidi oleh negara dengan pajak-pajak yang dibayar oleh seluruh rakyat Indonesia. Jadi Pengabdian Masyarakat adalah kegiatan yang wajib kamu lakukan selama kamu kuliah. Dengan melakukan pengabdian masyarakat, kamu akan belajar berinteraksi dengan berbagai kelompok masyarakat sehingga membuatmu menjadi lebih peka terhadap keadaan Indonesia. Percuma kamu peka terhadap pasanganmu jika kamu tidak peka akan keadaan bangsamu.

5. Nge-Camp Bareng Sahabat

Hal apa yang lebih indah dibanding berkumpul bersama sahabat-sahabat terkasih? Apalagi di pinggir pantai sambil menikmati matahari terbenam dan tidur dibawah kerlip bintang-bintang? Camping adalah aktifitas menyenangkan yang akan membuatmu selalu teringat masa-masa persahabatan. Dengan camping bareng temen, kamu juga akan lebih tahu sifat-sifat asli mereka yang sebelumnya belum pernah kamu ketahui.

6. Menjadi Supporter Tim Olahraga Kampus atau Fakultasmu

Nggak akan ada yang bisa ngalahin keseruan supporteran. Teriak-teriak ditengah lautan manusia dan mendukung tim favoritmu akan menambah kecintaanmu terhadap fakultas atau universitasmu. Kalah menang nggak masalah yang penting kebersamaannya.

7. Jump and Take the Leap

Pasti ada satu atau dua (or hundred for some people) moment selama kamu kuliah ketika kamu merasa tidak ingin melakukan sesuatu. Entah itu kamu bangun pagi lalu merasa tidak ingin berangkat kuliah atau ajakan teman untuk jalan-jalan saat kamu sudah pasang kuda-kuda tidur siang. Untuk mengambil langkah kaki pertama memang berat, karena itu Jump and Take the leap! For once, kesampingkan perasaan enggan dan malas itu. Just Do it. You will be surprise on what you could’ve missed.

8. Ikut Lomba

Sekali-kali ikut lomba nggak masalah loh. Latih dirimu untuk bisa bersaing dengan orang lain. Dengan mengikuti lomba, kamu bisa mengukur kemampuanmu dan juga menambah teman baru. Apalagi kalau menang, kamu juga akan mendapat bonus hadiah yang beragam.

9. Ke Luar Negeri, Yuk?

Menjadi seorang mahasiswa, kamu mempunyai kesempatan yang besar untuk bisa keluar negeri. Tidak perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah, banyak sekali lowongan terbuka untuk mahasiswa dapat “jalan-jalan” keluar negeri secara gratis. Nggak hanya sekedar cari foto buat jadi profile picture, kegiatan ini juga akan mengasah kemampuan bahasa asing dan kemampuan sosialmu.

10. Kuasai Bahasa Asing (and take the test of course!)

Bahasa adalah jendela dunia (eh apa buku ya? Anyway, deal with it). Semakin kamu menguasai banyak bahasa, semakin banyak jendela yang kamu punya (lho). Bahasa adalah alat yang memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan orang lain, dengan menguasai sebuah bahasa kamu mempunyai kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang yang menguasai bahasa yang sama. Jangan lupa juga untuk mengukur kemampuan bahasamu sehingga bisa kamu gunakan untuk melamar program beasiswa dan pertukaran pelajar.

11. Jual Sesuatu

Di era global ini, kemampuan untuk mempengaruhi orang lain adalah kemampuan yang sangat penting. Latihlah kemampuanmu itu dengan menjual sesuatu kepada orang lain. Sesuatu itu bisa berupa makanan yang kamu buat sendiri atau pernak-pernik baju dan peralatan olahraga.

12. Belilah Sesuatu untuk Orang Tuamu

Orang tua akan sangat bahagia ketika mereka menerima sesuatu dari jerih payah anaknya. Mungkin mereka akan mengatakan “Ngapain kamu beli ini?”, “Nggak usah” dan lain sebaginya tapi di dalam hati, mereka sangat bahagia dengan apa yang kamu lakukan. Hasil kamu dari poin ke-11 bisa kamu gunakan untuk memberikan hadiah untuk orangtuamu. Lihat ekspresi kebahagiaan di wajah mereka!

13. Penelitian Bersama Dosen

Harus banget nih? Harus. Kemampuan untuk melakukan penelitian tidak bisa didapat sekali jalan sedangkan kemampuan ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang nanti ingin melanjutkan studi S2 atau berkarir di berbagai lembaga. Jadi segeralah mencari relasi dosen dan bergabunglah dalam penelitian beliau. Memiliki relasi yang baik dengan dosen juga akan membantumu pada saat melamar studi lanjutan.

14. Magang

Mau jadi wirausaha atau bekerja dalam sebuah perusahaan, magang itu adalah hal yang wajib. Dengan magang, kamu akan mengenal wajah sesungguhnya dunia industri. Kamu akan belajar bagaimana bersikap dengan teman kerja serta atasanmu dan kamu juga akan belajar menyelesaikan berbagai permasalahan yang hanya akan muncul di tempat kerja. Untuk kamu yang berniat berwirausaha, magang akan memberi kamu insight tentang manajemen perusahaan yang baik dan jenis kepemimpinan seperti apa yang akan kamu adopsi untuk perusahaanmu. Dengan begitu kamu akan menjadi lebih siap setelah lulus kuliah.

15. Lakukan Sesuatu Secara Spontan

Kapan terakhir kali kamu melakukan sesuatu tanpa rencana? Jika jawabanmu adalah “Kapan ya…”, maka sekarang saatnya kamu melakukan hal random dan spontan. Melakukan hal yang spontan akan membuat kamu merasa lebih segar dan keluar dari kebosanan rutinitas. Bentuk kegiatan bisa apa saja, seperti pergi ke toko buku yang belum pernah kamu kunjungi atau sekedar berjalan memutari pusat kota.

16. Baca Setidaknya 20 Buku

Selesaikan setidaknya dua puluh buku selama kamu kuliah. Buku akan membantumu menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi masalah dan menambah sudut pandang yang kamu punya. Jenis buku bisa apa saja, termasuk novel dan kumpulan puisi. Beberapa buku yang mungkin akan menarik perhatianmu adalah Dunia Sophie, To Kill a Mockingbird, dan The Hunger Games.

17. Katakan Cinta

Kamu punya seseorang yang kamu kagumi selama ini? Ungkapkan! Jangan biarkan waktumu lewat begitu saja. Kamu akan menyesal karena tidak sempat mengungkapkan perasaanmu yang sebenarnya. Jika dia menyukaimu juga maka kalian akan happy ending tapi jika tidak, so what? Hal itu bukan akhir duniamu dan setidaknya kamu sudah jujur dengan dirimu sendiri.

18. Menulislah!

Menulis adalah menceritakan jalan pikiranmu kepada orang lain. Write takes time. Tapi dengan banyak latihan, kamu akan dengan mudah mengekspresikan dirimu dalam tulisan. Tulisan-tulisan inilah yang nantinya dapat kamu bagikan dengan orang lain atau menjadi karya nostalgiamu suatu saat nanti.

19. Merencanakan Masa Depan

It’s no easy task down the road, Pal! So you might have to start it now. Perencanaan karir mencakup apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus kuliah dan apa saja yang harus kamu persiapakan untuk menuju kesana. Sedikit rekomendasi, jagalah kesehatan dan tatalah Curriculum Vitae-mu.

20. Begadang dan Bercerita

Untuk yang satu ini jangan lakukan sering-sering dan jika ingin dilakukan, hanya lakukan di weekend saja. Begadang dan bercerita adalah kegiatan yang asyik dan addictive. Kamu bisa memulai percakapan kamu dengan mata kuliah yang sedang kamu ambil semester ini sampai teori konspirasi dunia. Usahakan bicarakan hal-hal yang bermutu, jangan membicarakan temanmu yang lain ya.

21. Jadilah Mak Comblang

Kalau semua orang mempunyai kewajiban untuk jadi Mak Comblang, mungkin kalian nggak akan jomblo. Hahaha…

22. Maafkan Musuh Bebuyutanmu

Pasti ada saatnya seseorang melakukan kesalahan kepada kita dan sebaliknya. Membenci orang lain hanya akan menggerogoti perasaan positif yang kita miliki. Hanyutkanlah memori buruk itu, biarkan ia pergi ditelan arus hidupmu. Jadi, segera maafkan orang yang selama ini kamu benci dan buat hidupmu lebih bahagia.

Dua puluh dua list diatas tidak hanya harus kamu lakukan sebagai tantangam masa kuliahmu tapi juga untuk mempersiapkan kamu melangkah ke jenjang berikutnya. Semangat untuk kamu calon wisudawan-wisudawati!