Di cuaca yang nggak tentu begini, biasanya hujan sering turun tiba-tiba dan suhu juga bisa jadi dingin dan panas tiba-tiba. Kalau tiba-tiba lagi hujan, biasanya kita suka laper, 'kan? Terus enaknya makan apa, ya? Cobain makan Rawon yang enak dan pas banget di makan waktu hujan-hujan dan dingin, guys!

Rawon ini makanan favoritnya banyak orang, bagaimana dengan kalian? Siapa yang juga suka Rawon? Ini merupakan makanan khas daerah Jawa Timur. Buat yang belum kenal sama makanan satu ini, Rawon merupakan makanan sejenis sup daging berkuah yang dimasak dengan perpaduan bumbu dan rempah-rempah tertentu dengan warna hitam pekat.

Resep Rawon daging sebenarnya nggak sulit; uma harus telaten! Rawon merupakan makanan tradisional yang punya rasa yang beda dengan makanan berkuah lainnya. Jadi takaran bumbunya juga harus pas.

***

Resep Rawon daging yang terpenting adalah menyiapkan rempah-rempah, bumbu khas masakan Rawon, dan tentunya alat-alat masaknya. Pertama-tama, rebus air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan daging sapi hingga menjadi setengah lunak saja. Potong daging sapi sesuai selera, lalu sisihkan terlebih dahulu. Masukkan penyedap di air rebusan tadi, lalu aduk pelan-pelan sampai jadi kaldu. Sekarang, mari kita lakukan langkah berikutnya.

Advertisement

***

Selanjutnya, tumis bumbu-bumbu dan rempah-rempah yang terdiri dari 2 buah kluwak, 7 butir bawang merah, 3 butir bawang putih, 2 cm kunyit, 2 cm jahe, 1 sendok teh ketumbar sangrai, ½ sendok teh lada, 2 sendok teh garam, dan juga 2 sendok teh gula yang dihaluskan.

***

Kluwak adalah rempah ini yang harus ada saat hendak masak Rawon daging. Tanpa adanya kluwak atau juga disebut Kepayang, nantinya masakkan ini bakal jadi sup daging biasa aja guys, bukan Rawon daging.

***

Setelah bumbu halus tadi ditumis, tambahkan lengkuas, daun jeruk dan serai. Tumis deh sampai harum.

***

Kalau sudah harum, baru masukkin deh daging sapinya ke tumisan tadi sampai bumbunya meresap. Setelah itu masukkan tumisan daging ini ke kaldu yang tadi sudah dibikin. Tinggal aduk pelan-pelan sampai rata dengan api yang kecil, dan selesai deh!

***

Jangan lupa lengkapi resep Rawon daging kalian dengan menambahkan tauge, perasan jeruk nipis, atau kerupuk udang supaya makin mantab.

***

Gimana? Mudah 'kan membuat rawon daging di rumah? Selamat mencoba! Bon appetit!

Sumber