Seperti sebuah panorama yang indah yang tidak terpampang begitu saja. Kamu harus melewati sebuah perjuangan dan sebuah usaha. Karena di sanalah kamu bisa melihat sesuatu yang mampu membuatmu berdecak kagum.

Ku sering menanyakan perihal kesuksesanku. Bahkan pertanyaan itu terus ku buru di dalam benakku.

Ku pernah bukan mengeluh tentang kesuksesan yang tidak kunjung datang padaku? Kadang aku juga menggerutu tentang hal itu. Mulai menanyakan hal itu pada Tuhan,“Kenapa semua ini terjadi padaku?”

Kadang juga seringkali mengumpat di dalam batinku," Apa semua ini memang harus aku terima dan hidup seperti ini terus?”

Banyak sekali hal-hal tentang kesuksesan yang tentunya juga didambakan banyak orang. Karena dengan kesuksesan salah satu unsur hidupmu bakal terpenuhi. Bagaimana mungkin orang yang lapar sekali bisa berbuat banyak tentang sesuatu hal? Selama diri ini masih manusia biasa, hal itu akan sulit terjadi.

Advertisement

Jika kesuksesan itu tak kunjung datang. Jangan tanyakan tentang kesuksesan itu, tapi tanyakanlah seberapa kuat usahamu.

Jika usahamu sudah keras dan tak datang pula, berusahalah lebih keras lagi dan lagi.

Teruslah berusaha untuk mewujudkan itu semua. Percuma menggerutu dan menanyakan kesuksesan terus menerus sedangkan usaha tidak kamu lakukan. Selalu ada jalan bagi orang yang berusaha, begitulah kata banyak orang.

Tidak ada hal yang benar-benar sulit jika kamu bisa berpikir terus dan bertindak terus.

Bak pergi ke suatu tempat wisata yang menyembunyikan keindahannya setelah kamu melewati perjalanan yang melelahkan. Selayaknya naik gunung yang tinggi dan merasakan kenikmatan luar biasa di puncaknya tanpa melalaikan setiap proses rasa capek kaki melangkah.

Seperti menuju tempat indah yang masih perawan dengan jalan yang terkadang harus kamu buat sendiri. Maka dari itu jangan heran jika hal itu adalah hal baru, perjuangan ekstra memang sangat dibutuhkan.

Semua itu harus kamu lakukan karena di sanalah tersembunyi kesuksesanmu pula. Di balik usaha-usaha yang kamu lakukan. Percayalah bahwa kamu akan sampai di sana dan kelegaan akan datang kepadamu. Seluruh inderamu akan bersaksi tentang itu.

Proses yang kamu geluti membuatmu semakin bisa merasakan kesuksesan itu sendiri.

Percayalah jika ada kemauan, seluruh yang ada akan membantumu untuk mewujudkan itu semua dan kekuatanmu akan keluar dari sarangnya. Lalu kamu akan terbang dan kemudian kamu bisa semakin melintasi kehidupan untuk melihat keadaan di sekitarmu.

Jangan lupakan pula perjuangan dan usaha orang-orang sekitarmu. Bantulah mereka pula agar bisa terbang di langit bersamamu.

Indah rasanya burung-burung perkasa memenuhi langit nan biru.