Gua Pindul, adalah adalah nama objek wisata yang terletak di Kabupaten Gunungkidul. Namun kebanyakan orang masih salah menyebut ataupun mengetikkan nama tempat ini. Nah, berikut ini deskripsi yang benar tentang Gua Pindul.

Nama yang benar adalah Goa Pindul atau Gua Pindul atau Pindul Cave dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Jawa adalah Guo Pindhul. Nama "PINDUL" sendiri diambil dari cerita legenda tempat ini, berasal dari kata "PIPI" dan "KEBENDUL" dan di singkat menjadi Pindul.

Goa Pindul atau Gua Pindul adalah obyek wisata alam susur Gua di bawah tanah, dengan aliran sungai di sepanjang lorong guanya, salah satu tempat wisata dengan kategori minat khusus di Jogja. Cara menikmati obyek wisata ini adalah menyusurinya dengan peralatan khusus yaitu dengan menggunakan ban dalam besar (tube) yang telah dimodifikasi sebagai tempat duduk di atas air atau perahu karet dan jaket pelampung.

Kami menyebut kegiatan wisata ini dengan nama Cave Tubing Pindul. Jaket pelampung dikenakan seperti rompi, dan disediakan 3 jenis ukuran untuk anak-anak, dewasa, dan all size. Jaket pelampung ini sangat aman karena sudah memenuhi standar team SAR.

Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, penyusuran dapat ditempuh dengan waktu normal 40-60 menit. Durasi waktu tergantung situasi dan kondisi atau keinginan pengunjung sendiri. Gua Pindul merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata yang terletak di dusun Gelaran 2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kabupaten GunungKidul. Tepatnya ada di sebelah timur kota Yogyakarta.

Advertisement

Desa ini termasuk "Desa Wisata" di GunungKidul Yogyakarta.