Haiii sobat hipwee, mungkin ada diantara sobat hipwee yang saat ini sedang mempersiapkan acara lamaran. Meskipun tidak sekrusial saat mempersiapkan pernikahan, tetapi terkadang printilan-printilan dalam lamaran inilah yang kelupaan. Sebelum acara pernikahan berlangsung ada tahapan yang harus dilalui sobat hipwee yaitu lamaran. Dalam lamaran sendiri terdiri dari dua tahapan.

Tahapan yang pertama adalah lamaran informal, dimana biasanya seorang laki-laki datang seorang diri kepada gadis pujaannya serta mengutarakan maksud kepada orang tua atau wali tentang kesiapannya untuk menikah. Setelah orang tua menyetujui barulah ditetapkan waktu dan tempat untuk dilakukan lamaran secara formal.

Dalam lamaran formal dua keluarga besar dipertemukan secara resmi atau formal. Acara lamaran formal ini biasanya dari pihak laki-laki sudah membawa barang-barang hantaran yang akan menjadi pelengkap dalam pernikahan.

Untuk acara lamaran sendiri biasanya ditiap-tiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda. Ada pula yang mengemas acara lamaran ini menjadi pertunangan. Sejumlah barang-barang hantaran dibawa sebagai pelengkap, tak lupa juga cincin pertunangan.

Namun, tak demikian halnya pada tradisi Jawa. Sebelum lamaran formal, terdapat juga acara lamaran semi formal yang disebut dengan tembungan. Dalam acara ini, pihak pria belum membawakan hantaran sebab dalam acara ini pihak pria baru akan melamar dan menentukan waktu pernikahan. Acara lamaran formal yang disebut peningsetan biasanya dilaksanakan sehari sebelum hari H atau sebelum ijab qobul dilaksanakan.

Advertisement

Barang yang harus dipersiapkan

a. Cincin

Bagi sebagian pasangan, acara lamaran juga merupakan acara pertunangan. Hal ini dilakukan agar menghemat waktu dan biaya. Untuk itu sepasang cincin lamaran harus dipersiapkan sebelum hari lamaran. Cincin lamaran nantinya dapat digunakan kembali sebagai cincin pernikahan saat menikah nanti.

b. Seserahan atau hantaran

Seserahan atau hantaran yang dibawa biasanya terdiri dari beberapa macam barang-barang dan juga makanan, seperti:

c. Peralatan Ibadah

Peralatan ibadah merupakan simbol dasar dalam rumah tangga yang selalu mengingat Tuhan.

d. Perhiasan

Perhiasan bukanlah barang wajib yang harus dibawa, semua disesuaikan dengan budget serta kesepakatan kedua belah pihak.

e. Pakaian

Pakaian yang dibawa adalah pakaian formal seperti, dress ataupun kebaya. Sebaiknya dalam pemilihan pakaian, si wanita sendirilah yang memilih sehingga model dan ukuran sesuai dengan yang diinginkan.

f. Sepatu

Sepatu pada dasarnya adalah sebagai pelengkap dari hantaran pakaian. Sama seperti pakaian, sebaiknya hantaran sepatu juga berdasarkan pilihan dari si wanita. Agar sesuai dengan ukuran sehingga bisa terpakai.

g. Kosmetik

Kosmetik merupakan satu paket dengan kebutuhan wanita, untuk menunjang agar si istrinya nanti akan selalu tampil cantik. Pemilihan kosmetik sebaiknya juga berdasarkan pilihan dari wanita. Jangan sampai membeli produk kosmetik tanpa menanyakan terlebih dahulu, karena kosmetik adalah sesuatu yang sangat sensitif bagi wanita.

g. Makanan

Makanan yang biasanya dibawa berupa makanan-makanan manis dan lengket seperti wajik, jadah, ketan, kue-kue, roti, serta buah-buahan. Hal ini mengandung makna agar kelak dapat membangun rumah tangga yang selalu diliputi dengan kebahagiaan dan kisah manis.

Karena dalam prosesi lamaran biasanya keluarga besar dari pihak laki-laki akan mendatangi pihak wanita, maka diperlukan juga transportasi yang akan digunakan untuk membawa rombongan. Belum lagi jika calon pasangan rumahnya berada jauh dari tempat tinggal.

h. Pakaian

Setiap pasangan tentunya ingin memberikan sesuatu yang berkesan dihari istimewanya, untuk itu biasanya jauh-jauh hari dapat dipersiapkan dulu pakaian yang akan digunakan dalam acara tersebut.

Nah itu tadi sobat hipwee sekelumit persiapan tentang proses lamaran dan barang apa saja yang musti dipersiapkan. Semoga membantu yah buat yang lagi prepare, semoga dilancarkan semuanya.