Terlepas dari jenis pekerjaan apa yang kalian inginkan, kalian harapkan dan tuju, tentu ada hal yang perlu dipersiapkan untuk meraihnya. Dan itu tak terlepas dari dokumen-dokumen berharga yang harus kalian punya.

1. Ijazah dan transkrip nilai, beserta legalisirnya.

Ini adalah dokumen yang sangat penting untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dalam sebuah perusahaan terkemuka yang kalian incar. Jika kalian memutuskan untuk merantau dari daerah asal ataupun pergi mencari pekerjaan jauh dari tempat kalian pernah berkuliah, maka legalisir dan perbanyaklah dokumen penting ini untuk memudahkan urusan sesampainya di tempat tujuan kalian.

2. Sertifikat-sertifikat keahlian, piagam penghargaan, sertifikat aktivis mahasiswa, sertifikat pelatihan, sertifikat seminar, dll.

Biasanya, dokumen ini menjadi nilai plus di mata HRD/Personalia bahkan Pimpinan instansi atau perusahaan untuk menerima kalian di perusahaannya.

3. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Kalau yang ini ngurusnya ya di Polsek/Polres/Polda setempat dengan beberapa persyaratan yang mudah. Biasanya, yang perlu kalian bawa untuk pengurusannya adalah fotocopy KTP/SIM, foto (bawa saja berbagai ukuran), fotocopy KK, dan juga uang. Ini gunanya untuk memperlihatkan dan meyakinkan intansi/perusahaan yang kalian tuju, bahwasanya orang yang melamar dan ingin bekerja di perusahaan mereka tidak memiliki catatan khusus dari kepolisian.

4. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Puskesmas ataupun Rumah Sakit)

5. Surat Keterangan Bebas Narkoba

Tempat pengurusannya juga sama dengan mengurus SKCK. Kalian hanya perlu membawa foto, fotocopy KTP, sejumlah uang guna test urine.

6. Surat Keterangan Belum Menikah dari Lurah/Camat/Pihak yang berkaitan.

Advertisement

Pengurusan surat ini begitu mudah. Jika pejabat daerah tersebut sedang ada di tempat, surat ini bisa selesai dalam satu hari saja. Surat keterangan ini biasanya banyak digunakan untuk melamar pada Bank, Kepolisian, dan beberapa perusahaan atau intansi yang membutuhkan pegawai muda.

7. Kartu Pencari Kerja (Ak.1)

Untuk mendapatkan kartu ini, cukup dengan datang di DISNAKER daerah setempat dengan membawa fotocopy ijazah sekolah hingga yang terakhir, fotocopy KTP, photo ukuran 3×4. Ini digunakan sebagai bukti diri bahwa kalian akan melamar pekerjaan pada suatu instansi atau perusahaan.

8. Surat keterangan magang atau surat keterangan pernah bekerja.

Surat keterangan ini bisa menunjukkan pengalaman dan kemampuan kalian dalam bekerja. Surat keterangan ini adalah bagian terpenting dan berpengaruh dalam penentuan penerimaan kalian dalam sebuah intansi/perusahaan. Perusahaan akan senang memperkerjakan orang yang berpengalaman di bidang yang sedang mereka butuhkan.

9. Sertifikat TOEFL;TOEIC, ILC dan sejenis; Sertifikat JLPT (bahasa Jepang) dan sertifikat-sertifikat bahasa asing lainnya yang mendukung dan memberikan nilai plus bagi diri kalian.

10. Sertifikat komputer

Jika kalian memiliki banyak waktu senggang sebelum mengenakan toga, ada baiknya untuk les atau kursus komputer di kota kalian. Dengan begitu, waktu yang ada tidak terbuang dan sertifikat ini pun bisa kalian gunakan nantinya sebagai bukti skill tambahan yang kalian punya. Jangan remehkan bahwa ini adalah nilai jual diri kalian ke instansi/perusahaan tujuan.

11. Akte kelahiran

Surat ini terkadang dibutuhkan di beberapa instansi/perusahaan sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.

12. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

Ini dibutuhkan saat melamar ke sebuah instansi/perusahaan yang mewajibkan kalian untuk melampirkannya.

13. Fotocopy KTP dan foto diri (berbagai ukuran)

Ini tidak perlu ditanyakan lagi apa fungsinya. Jarang ada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan syarat tanpa foto,

Nah, dari sekian banyak surat ataupun dokumen penting yang telah dipaparkan di atas tadi, jangan lupa bahwa kalian harus memperbanyak dengan meng-copy atau melegalisirnya guna memudahkan urusan melamar pekerjaan.