Electronik Banking atau yang biasa simple disebut e-banking adalah layanan/ fasilitas yang disedikan oleh bank bagi nasabahnya untuk melakukan transaksi perbankan melalui aplikasi atau website dengan berbasis pada jaringan internet.

Nah dewasa ini jaringan internet bisa dikata adalah kebutuhan primer kita yang keempat. Kita butuh makan, butuh pakaian, butuh rumah, tapi kita sangat butuh internet. Hidup tanpa internet tuh kayak anak kost yang nggak punya teman, sepi banget.

Maka tidak mengherankan jika bank kemudian menciptakan kemudahan fasilitas e-banking ini untuk nasabahnya. Terutama buat kita, anak muda yang selalu ngaku waktunya sangat berharga.

Dan inilah alasan kenapa kalian harus memanfaatkan fasilitas ini dibanding langsung saja ke bank dan melihat para frontliner yang bening.

1. Menghemat Waktu

Advertisement

Menurut aku sih ini adalah manfaat paling canggih sepanjang aku menggunakan fasilitas ini. Well, waktu nggak bisa diputar kembali kan guys? Waktu adalah harta kita yang paling berharga, yang sekali hilang nggak akan pernah bisa kita dapatkan lagi.

Menurut aku sayang banget kalau harus ngantri di bank hanya buat melakukan transaksi perbankan yang sebenarnya bisa dilakukan di rumah, dan super duper sangat sayang kalau waktu kita harus terbuang percuma buat ngantri di counter pulsa hanya buat beli pulsa yang sebenarnya bisa kita lakukan di ponsel sendiri. begitu juga soal ngebuang waktu percuma hanya buat bayar listrik, tagihan kartu pasca bayar, beli tiket pesawat, dan semua fasilitas non tunai lain yang sbeenarnya bisa kita lakukan sendiri di ponsel kita.

Coba bayangkan, berapa persen waktu kita yang bisa dihemat jika kita mengganti semua aktifitas mengantri itu dengan menyalakan ponsel-login ke akun e-banking kita dan melakukan transaksi seusai kebutuhan.

Please deh guys, waktu kita yang sangat berharga itu bisa kita pakai buat kumpul bersama keluarga, sahabat, pacar, buat nonton film favorite, baca buku yang bagus, menghasilkan karya-karya hebat, atau buat tidur dengan nyaman di kasur empuk.

2. Mudah

Karena fasilitas e-banking itu bukan gadis berkerudung merah yang sukar ditaklukkan, maka fasilitas ini sangat layak kamu gunakan. Nggak ada deh istilah mau ribet atau bikin kening berkerut. Minimal kamu punya kemampuan baca tulis, fasilitas ini bisa langsung takluk di tanganmu.

Proses registrasinya mudah. Kamu tinggal datang ke bank buat ketemu cusmtomer service-nya registrasi (bawa tanda pengenal karena kamu bukan artis yang langsung bisa dikenali hanya dengan melihat wajah, bawa buku tabungan, dan kartu ATM) lakukan proses registrasi di mesin ATM atau EDC (kalau kurang ngerti kamu bisa minta dipandu sama CS nya yang cantik ramah) lakukan registrasi finansial, dan setelah itu hidup pun akan menjadi lebih mudah.

Proses penggunaannya juga nggak kalah mudah, kamu akan dikasih lembar panduan sama CS nya dan kursus kilat untuk menggunakan aplikasinya. Lumayan kan, bisa sekalian kenal sama CSnya.

Dan kemudian, kemudahan perbankan akan ada di tangan kamu, dan yang pasti kamu nggak perlu lagi bermandi peluh dan keluhan hanya buat melakukan transaksi perbankan non tunai yang bisa dilakukan di ponsel kamu.

3. Layanan terbuka 24 jam

Kamu mau beli pulsa tengah malam karena pas lagi telponan sama si dia pulsa kamu sekarat? Buka aplikasi e-bankingmu dan pulsa siap dikirimkan ke nomor kamu.

Tengah malam pulsa listrik habis? well, dont worry be happy, buka aplikasimu guys dan rumah kamu bisa terang benderang lagi seperti wajah Chelsea Islan.

Mendadak mau pesan tiket pesawat?

Mendadak harus bayarin tagihan PLN ortu?

Mendadak harus bayar tagihan kartu kredit?

Mendadak harus transfer buat biaya wisuda adik?

Mendadk pengen nikah?

Jangan khawatir, semua masalah kamu selesai mulai sekarang. Karena fasilitas e-banking bisa memenuhi semua kebutuhan kamu di atas. Kecuali kebutuhan kamu yang terakhir. Ya, yang terkhir itu loh, yang mendadak pengen nikah.

4. Nyaman dan rahasia terjamin

Nah inilah fasilitas yang juga nggak kalah hebatnya. Nyaman

Hey, bukankah memang kenyamanan yang kita cari dalam segala hubungan dan segala situasi? Maka e-banking menawarkan itu.

plese deh guys kurang nyaman apa lagi coba kalau semua transaksi bisa kamu lakukan di ponsel? bisa kamu lakukan di kasur sambil ngulet-ngulet kayak ulat buku, atau di sofa sambil duduk santai kayak kelinci lucu?

Nyaman guys

Nggak percaya semua yang saya jelaskan di atas?

Okey, silakan dicoba

Ingat yah, kuota internet yang harganya ratusan ribu sebulan itu gunanya bukan hanya untuk upload foto dengan bibir merah pas lagi monyong, juga bukan hanya untuk stalking-in mantan pacar, pacarnya mantan, atau mantannya pacar.

Jadi nyalakan aplikasimu, dan mari menjadi anak mudah modern dan pengguna internet yang lebih cerdas.