Jika kebahagiaan adalah tujuan utama dalam hidup, maka sudahkah kita tau bagaimana meraih kebahagiaan tersebut? Tentunya butuh perjuangan.

Hidup yang berarti adalah hidup yang penuh perjuangan, kali ini saya akan share seperti apa perjuangan dalam hidup.

Menghadapi masalah bukanlah dengan mengeluh, apalagi lari dari masalah, tapi hadapi dan yakin semua masalah pasti ada jalannya, di balik kesulitan akan datang kemudahan.

Kurangi bicara banyaklah berbuat, karena sebagus apapun dan sebanyak apapun rencana tanpa ada aksi yang nyata dari perbuatan tidak akan pernah terwujud.

Jangan suka menyalahkan orang lain, tapi lihatlah kesalahan diri sendiri. Ketika merasa tidak memiliki siapa-siapa saat itulah kamu butuh seseorang untuk bisa mendengarkan kebimbanganmu, saat kau merasa tak tau arah saat itulah kamu butuh mengingat apa tujuannmu.

Advertisement

Aku hampir mencapai tingkat akhir dari perjuanganku di universitas, memang tidak mudah meraih gelar sarjana, di sinilah aku mengerti arti perjuangan. Aku memulai semuanya sendiri, kerikil kecil dalam meraih sukses adalah hal yang biasa, namun jika tidak bisa menghadapinya maka itu akan menjadi batu penghalang yang sangat besar.

Skripsi adalah hal yang paling ditakuti, namun saat ini saya buktikan sendiri, untuk mendapat responden saya perlu berjuangan, baik waktu, tenaga dan segalanya, inilah perjuangan.

Kata-kata yang selalu menguatkanku "Jangan galau, skripsi pasti berlalu"