"Sukses" Siapa sih yang nggak mau sukses ?

Semua orang di dunia ini bekerja keras sepanjang hidup mereka untuk mencapai suatu keadaan yang dinamakan "Sukses". Lantas apa sih yang dinamakan sukses itu? Dan mengapa itu sangat penting bagi kehidupan kita?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sukses adalah berhasil atau beruntung, sedangkan kesuksesan adalah keberhasilan atau keberuntungan. Jadi dapat disimpulkan bahwa arti sukses adalah tercapainya suatu cita-cita atau harapan yang selama ini kita usahakan dengan kerja keras pantang menyerah, atau lebih simpelnya keberhasilan seseorang dalam mewujudkan impiannya. Itulah sukses, hal yang menjadi tujuan akhir dari hidup kita.

Parameter kesuksesan bagi tiap-tiap orang tentu saja berbeda. Seorang pelajar dikatakan sukses ketika ia berhasil menyelesaikan studinya dengan hasil yang membanggakan. Seorang Karyawan dikatakan sukses ketika dapat bekerja dengan baik dan bisa naik jabatan. Seorang pengusaha dikatakan sukses ketika usahanya berkembang menjadi lebih besar dan menguntungkan.

Namun yang menjadi masalah adalah ketika kita lupa akan kesuksesan yang sebenarnya. Kesuksesan yang hakiki, yang sebagian orang terkadang lupa akan hal ini.

Advertisement

Kesuksesan yang hakiki

Keberhasilan dan keberuntungan yang sebenarnya adalah suatu keadaan ketika seseorang bisa mendapatkan suatu kenikmatan, kebahagiaan, ketenteraman yang sifatnya kekal nan abadi (immortal), bukan hanya kenikmatan yang sifatnya semu dan fana (mortal).

"setiap yang bernyawa akan merasakan mati, dan hanya pada hari kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, dia sungguh telah mendapatkan kemenangan. Kehidupan dunia adalah kesenangan yang memperdaya.” (QS.Ali Imran : 185)

Kesuksesan di dunia bersifat semu atau sementara. Sekaya apapun kita, setinggi apapun jabatan kita, semua tidak akan membantu ketika ajal menjemput. Hanya amalan-amalan kita di dunia lah yang menjadi penolong kita saat menjalani kehidupan yang kekal di akhirat nanti. Barang siapa yang terhindar dan selamat dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga maka ia telah mendapatkan kemenangan dan kesuksesan yang sebenarnya.

Terkadang saat kita disibukkan dengan urusan dunia, kita lupa dengan tuhan yang menciptakan kita, yaitu Allah SWT. Kitapun sering lalai dalam menjalankan kewajiban kita untuk beribadah dan meminta pertolongan agar kita bisa sukses di akhirat nanti. Sungguh celaka apabila kita lebih mementingkan urusan duniawi dibandingkan dengan ibadah. Sudah sepatutnya kita membangkitkan keasadaran akan pentingnya kesuksesan di akhirat nanti. Kesuksesan yang akan kita nikmati selamanya.

Semoga kita tergolong orang-orang yang beruntung yang bisa menikmati surganya Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.