Game ternyata memberikan banyak manfaat bagi para pemainnya. Selain hiburan, game sebenarnya juga memberikan berbagai pelajaran seperti logika misalnya, bahasa, sesuatu yang baru, contoh saat kita bermain game sepak bola berarti kita belajar bagaimana membuat dan mengatur strategi tim sesuai komposisi pemain yang dimiliki. Saat memainkannya tentu kita tidak memakai strategi yang sama kan untuk tim yang berbeda? Tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan pemainnya.

Contoh lain seperti game The Sims yang di dalamnya sebenarnya kita sedang belajar bagaimana mengatur manajemen sebuah keluarga, merencanakan desain serta membangun sebuah rumah sesuai yang diinginkan oleh si pemain, iya kalian. Karena The Sims adalah sebuah game simulasi kehidupan yang tidak diberi keharusan harus mengerjakan ini itu, maka tidak jaranglah alur game yang dimainkan sesuai dengan kebiasaan si pemain, iya kalian ini.  Hahaha jadi kelihatan belang kan kalian? Game lain seperti catur, tebak-tebakan dan yang lainlah mengajarkan logika berpikir.

Nah ini nih satu yang sering dikaitkan dengan game, jreng-jreng cheat. Cheat adalah sekelompok kode yang digunakan sebagai jalan pintas untuk mempermudah cara bermain game sehingga sebuah game dapat dengan cepat diselesaikan. Sudah jelas kan dari artinya saja "cheat" artinya "curang". Ada 2 kata yang perlu digaris bawahi yaitu jalan pintas dan mempermudah. Dan inilah yang sedang terjadi di kehidupan nyata juga, apapun bidangnya banyak Orang yang menggunakan berbagai cara hingga akhirnya menggunakan jalan pintas yang mudah untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan.

Layaknya sebuah misi dalam sebuah game sebenarnya kita ditimpakan oleh banyak masalah dan tantangan, setelahnya kita dituntut untuk mencari dan menemukan jawaban atas masalah yang sedang kita dihadapi. Saat kita gagal di misi pertama, tentunya otak kita akan diputar untuk mencari jalan keluar yang tidak akan sama dengan cara yang pertama. Bukankah seperti itu? Nah disinilah yang namanya pembelajaran dan pertumbuhan. Bagaimana kita dari tidak tahu menjadi tahu.


Memang suatu proses itu tidak selalu menyenangkan, tidak selalu mudah, dan panjang. Lagipula kesenangan saat memperoleh hasil yang dicapai itu hanya sementara selanjutnya bumi berputar dan kita kembali dihadapkan pada masalah-masalah (kalau dalam game itu ibarat misi yang berbeda, kalian gamer bosen kan main misi yang sama?) yang lebih menantang dari sebelumnya.


Advertisement

Menyenangkan, kita telaah kata menyenangkan. Menyenangkan adalah suatu ukuran relatif yang diciptakan oleh pikiran manusia. Suatu proses memang tidak menyenangkan, tapi coba deh kita pikir lagi apa kita mau menghabiskan waktu yang sebenarnya adalah proses dengan hal-hal tidak mengenakan. Jika menyenangkan bisa diciptakan dari pikiran, maka satu hal yang bisa kita lakukan adalah berpikir bahwa proses itu akan dan telah menjadi menyenangkan, pokoknya dicari deh pasti ada suatu yang mengasyikan dalam sebuah proses, satu lagi ini yang namanya pembelajaran dan pertumbuhan. 

Suatu proses tidak mudah dan panjang, itu sudah jadi kenyataan. Ada pepatah pernah berkata "sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit". Kalian harus percaya bahwa positif yang kecil bisa menumbuhkan sesuatu yang besar, Negatif yang kecil bisa juga menghancurkan sesuatu yang besar. Untuk menapaki langkah-langkah kecil perlu sebuah konsistensi, di dalam perjalanan akan ada banyak tantangan-tantangan asyik siap menjegal. Sekali lagi ini yang namanya pembelajaran dan pertumbuhan.


Sesuatu yang sulit jika dibiasakan untuk mudah akhirnya juga akan menjadi mudah toh. Dan sekali lagi ini yang namanya pembelajaran dan pertumbuhan. Saran saya coba deh rasakan asyiknya nge-game tanpa pake cheat. Coba saja dan rasakan setiap waktu skill kamu bakal meningkat.


Senang tidak harus saat hasil tercapai atau menunggu sukses saja. Bagaimanapun proses memiliki waktu lebih lama daripada hasil. Saat hasil tercapai pun yang akan kita kenang adalah prosesnya. Contohnya ketika kita lulus deh, pasti jarang kita yang orang ini inget momen ketika kita lihat hasil ujian atau pengumuman ataupub sidang yang menyatakan kita lulus, kita akan lebih ingat momen ketika kita bolos kuliahlah, berangkat kebanjira lah, nyontek pas ujianlah, pacaran lah. Iya nggak sih? Hello gaes itu proses, lho.

Jadi kesimpulannya, buatlah setiap harimu lebih berharga!