Hari pertama berada di Pulau Bali pada liburan akhir tahun 2015 tujuan kita yaitu mengunjungi destinasi wisata yang berada di dataran tinggi yang terkenal dengan udara yang sejuk dan pepohonan hijau. Dari kawasan Kuta tempat kita menginap menuju kawasan Bedugul dapat ditempuh kurang lebih dua jam perjalanan menggunakan mobil. Selama perjalanan banyak destinasi cagar budaya yang kita lewati, salah satunya kita mengunjungi sebuah komplek Pura yaitu Pura Taman Ayun. Memang Pulau Bali terkenal dengan banyaknya bangunan puranya yang menawan. Tidak salah kalau pulau ini dikenal dengan Pulau Seribu Pura. Pura Taman Ayun ini terletak di desa Mengwi Kabupaten Badung.

Pura Taman Ayun merupakan salah satu cagar budaya yang pertama kali kita kunjungi selama berada di Bali. Tiket masuk pura Taman Ayun sangat terjangkau yaitu dengan sepuluh ribu rupiah kita sudah bisa menikmati keindahan dan kesejukan yang disuguhkan oleh Pura Taman Ayun. Pura Taman Ayun ini merupakan komplek atau kumpulan pura yang dikelilingi oleh taman yang didalamnya terdapat kolam air dan pepohonan hijau beserta bunga-bunganya cantik. Karenanya dinamakan Pura Taman Ayun yang dalam bahasa Bali yaitu Taman Cantik.

Kita dapat berjalan mengelilingi seluruh area komplek pura tetapi kita tidak boleh memasuki pura-pura tersebut karena telah terhalang oleh tembok keliling. Banyaknya bunga-bunga yang jatuh ke tanah berguguran menambah keindahan pura ini. Pepohonan hijau yang rindang juga membuat mata ini semakin betah untuk memandangnya. Udara sekitar pura yang masih segar karena banyaknya taman dengan kolamnya yang luas dan jauh dari hiruk pikuk kendaraan bermotor semakin tampak keasrian dari pura ini. Di bagian halaman setelah gapura kita dapat melihat landscape kegiatan adat sabung ayam yang dilakukan masyarakat pada jaman dahulu beserta patung-patungnya. Komplek Pura ini juga masih digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan. Karenanya diharapkan jika berkunjung kesini untuk berperilaku baik dan menghargai peraturan adat yang berlaku serta berpakaian yang sopan.