Sebenarnya saya agak sedikit malu menceritakan pengalaman ini. Tapi dibalik rasa malu ini, ada hikmah yang begitu besar yang bisa dipetik.

Kebiasaan Sholat Dhuha awalnya dimulai dari sebuah kebohongan saya kepada guru bimbel. Kejadian ini berawal dari saya yang sering datang telat waktu bimbel.

"Tiap hari kok telat Mbak?", tanya Bu guru bimbel waktu itu. Spontan saya jawab, "Sholat Dhuha Bu!". Niatnya bercanda karena saya jawabnya PD sambil senyum-senyum.

"Wah, bagus sekali Mbak. Lainnya bisa meniru Mbak ini. Apalagi kita akan menjelang SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, red-2005-). Harus banyak doa, salah satunya ya dari sholat dhuha itu", Laaah..kok dijawab gini? Ucapan beliau terngiang, mendengung di telinga saya. Kata-kata itu beliau sampaikan di muka kelas. Tahukah Anda, begitu malunya saya. Iih,, telinga dan punggung saya sampai panas sangking malunya.Padahal saya sering telat masuk kelas bukan karena sholat Dhuha, tapi sesudah sholat subuh saya tidur lagi. Baru bangun sekitar jam 10, mandi,sarapan, lalu berangkat.

Kata-katasaya bak bumerang, yang menyerang muka saya sendiri. Merobek kePDan saya dan tentunya melukai hati kecil saya karena kebohongan yang saya timbulkan sendiri.

Advertisement

Sepulang bimbel, langsung saja saya meminjam tuntunan sholat milik teman saya, saya potocopy bagian doa sholat dhuha, dan mulai keesokan harinya saya mulai melaksanakan sholat dhuha.

Tapi ada kejadian pas potocopy malam hari. Si Mas potocopy tanya, "Mau ujian praktek ya Mbak?". Dikiranya saya anak SMA yang mau hapalan ujian. "Ehm, nggak Mas!", jawabku. "Lah, terus mau buat apa kok potocopy bacaan sholat?", tanyanya lagi. "Gak ada, pengen bisa aja Mas", jawabku sambil senyum. "Jarang lho Mbak, ada anak yang sengaja hapalan sholat sunnah kayak Mbak!", timpalnya. Waduh, Mas ini…nyindir apa nyanjung. Gak tau apa kalau tadi di tempat bimbel udah malu gara-gara bohong sholat dhuha? Iih…!

Akhirnya setiap hari saya kerjakan sholatnya, sampai hapal doanya, sampai merasa (InsyaAllah) sholat dhuha sebagai suatu kewajiban. Ternyata, setelah tahu kabar berita, manfaat sholat Dhuha itu banyak sekali temans. Mulai dari dilapangkan rezekinya, dimudahkan segala urusan, dan dilebarkan jalan kebaikan. Pokoknya banyak sekali manfaatnya!

Dari ini semua, saya mengambil hikmah yang begitu besar dari kebohongan saya. Dari saya yang merasa berdosa, bersalah, sampai akhirnya saya menemukan jawaban bahwa kebohongan itu membawa berkah kebaikan. Jadi mulai sekarang, kita sholat dhuha yuk! 🙂

#hikmah #sholatdhuha