Liburan adalah waktu yang di damba-dambakan setiap orang bahkan sebagian orang menganggapnya penting karena bisa menyegarkan anda kembali dari aktifitas-aktifitas yang menyibukkan seperti sekolah dan bekerja.Namun tak jarang ada sebagian orang yang sulit pergi liburan karena minimnya budget. Seperti yang anda tau bahwa berpergian dengan dompet kosong adalah hal yang gawat darurat. Entah itu biaya tiket masuk, ongkos perjalanan, makan-minum dan sebagainya.

Tapi anda tidak usah khawatir karena di kota Bandung banyak sekali destinasi wisata gratis yang tentunya hemat di kantong karena kita tidak usah bayar tiket. Kalau urusan perut mah jajan gorengan, cilok atau pun cireng juga jadi. Murah meriah, kenyang pula.

Misalnya Alun-alun Bandung yang berada di pusat kota. Tempat ini kembali popular setelah wali kota Ridwan Kamil menghamparkan rumput sintetis di tempat itu. Kita bisa berlarian, jalan-jalan, diskusi, kerja kelompok atau bahkan tiduran secara gratis kapan pun. Apalagi tempat ini instagramable untuk berselfie ria karena terdapat taman dan hiasan lainnya. Dan ada lahan parkir di bawahnya.

Jika waktu shalat telah tiba, juga terdapat Masjid Agung yang menampung ribuan orang. Pada akhir pecan pengunjung juga dapat naik ke puncak towernya dan memandang wilayah Bandung secara 360 derajat yang memberikan ilusi cekung karena dikelilingi oleh pegunungan.

Beberapa meter dari sana anda bisa berjalan ke timur melewati sebuah jembatan bertuliskan “Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum” mengutip pernyataan M.A.W. Brouwer dan “Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi” mengutip Pidi Baiq. Yang menjadi lokasi favorit untuk berselfie.

Advertisement

Anda lanjutkan ke arah Gedung Merdeka. Ada Gedung PLN yang anda lewati menyimpan sejarah. Gedung ini merupakan peninggalan zaman Belanda. Dalam prasasti yang tertanam di tembok dekat pintu masuk gedung itu tertulis gedung ini dibangun pada tahun 1933. Selain itu terdapat gedung Landmark dan museum Asia Afrika yang bisa kita kunjungi. Akan menambah wawasan anda tentang sejarah.

Di kawasan itu pula terdapat bangku-bangku, bunga, tiang lampu yang ditata dengan gaya Eropa. Tentunya anda bisa bersantai kapan pun dengan gratis. Di suguhi pemandangan gedung-gedung bersejarah dan cosplay unik di jalan Braga yang berada di sampingnya. Mulai dari kostum beberapa hantu seperti pocong, kuntilanak, nenek lampir, valak bahkan nyai roro kidul pun ada. Selain itu juga ada kostum Disney seperti Princess snow white. Frozen. Doraemon. Naruto dan banyak lagi lainnya yang bisa diajak berselfie ria.

Tak sebatas itu saja. Di Braga juga terdapat deretan toko-toko, bar, kafe, restoran dan bioskop yang pastinya akan membuat liburan anda menyenangkan dan pastinya murah meriah. Bagi anak-anak muda di Bandung tempat ini juga favorit untuk dijadikan tongkrongan santai di sore hari sambil cuci mata.