Kalian tau gak sih LDR itu apa? Ada yang tau gak nih? Sebelum saya mau menjelaskan arti LDR itu apa, sebenernya saya sendiri juga bingung sih mau menjelaskan apa arti dari LDR tapi takut salah juga malah nanti bisa-bisa dibilang sok tau banget.

LDR singkatan dari suatu “Long Distance Relationship” mungkin yang artinya bisa dikemukakan yaitu suatu hubungan jarak jauh. Sudah banyak sih FTV, sinetron, atau film layar lebar yang menyiarkan percintaan LDR seperti ini. Sesuatu yang bisa aku tangkap, LDR adalah keadaan yang menyakitkan ketika wanita dan pria tidak bisa menjalin kasih sayang. Bertemu di suatu tempat dan dipisahkan oleh tempat juga, yang mengharuskan mereka untuk tidak saling bertemu untuk periode waktu tertentu atau sesuai dengan yang disepakati berdua. Atau emang ada kegiatan/ pekerjaan yang bisa menjadi hubungan LDR alias ‘TERPAKSA TIDAK BERTEMU KARENA JARAK YANG JAUH TIDAK MEMUNGKINKAN UNTUK BERTEMU’. Aidehhh makin gahul aja nih bahasanya ya. Mari Lanjut ke Inti pembahasan nya ya hehe.

Siapa bilang cinta jarak jauh alias long distance relationship (LDR) sungguh merepotkan dan sulit dipertahankan? Ada juga yang bilang cinta jarak jauh justru lebih nikmat. Bagaimana cara kamu menjalin hubungan dengan pacar saat jarak jauh, agar selalu langgeng dan awet? Mungkin saya ada sedikit solusi tepat untuk kamu yang sedang LDR (Long Distance Relationship).

Disini saya akan berbagi tips untuk yang kalian punya pacar tapi cara pacaran nya LDR ( long Distance relationship ) nih hal-hal yang bisa membuat hubungan kalian 'awet' atau harmonis ya.

1. Saling Menjaga Kepercayaan

Advertisement

Di dalam suatu hubungan untuk mencapai kesuksesan ini adalah saling menjaga kepercayaan satu sama lain. Dengan demikian kamu tidak akan berpikir macam-macam atau cemburu kepadanya, apa yang sebenarnya tak pernah dilakukan pasanganmu. Jangan curiga dan terus-terus berpikiran secara negatif, tentu akan makan hati ataupun bisa buat kita sakit hati. Maka dari itu, kalian lebih baik memantapkan hati dan pikiran untuk terus percaya dan setia padanya. Akan tetapi, hal ini juga tentu berlaku bilamana kamu menganal betul karakternya dan sifat pada pasangan kalian. Lain hal bila ternyata dia adalah seorang tipe yang mudah berpindah ke lain hati. Satu yang pasti, saling percaya bukan berarti langsung tutup mata secara langsung tapi harus memerlukan waktu untuk menumbuhkan rasa untuk bisa percaya pada si dia.

2. Tetap Memanfaatkan Teknologi untuk Bisa Berkomunikasi

Mungkin dengan saling menjaga kepercayaan tidak cukup, karena di dalam suatu hubungan LDR (long distance relationship) juga butuh “ BERKOMUNIKASI”, kan sekarang jaman nya sudah canggih . Toh banyak cara untuk bisa tetap berkomunikasi dengan berbagai cara yaitu dengan video call dan juga bisa berkomunikasi via telpon atau chatting saja. Dengan tetap berkomunikasi, mungkin bisa menghilangkan rasa rindu.

3. Hindari Komunikasi yang Sangat Berlebihan

Komunikasi intens memang penting, namun apabila dengan berkomunikasi berlebihan justru akan bisa menimbulkan efek negatif dalam pacaran LDR ini. Terlalu banyak menelepon atau menghubungi, mengirim email, atau chatting bisa membuat anda dan pasangan anda merasa tidak lagi memiliki privasi untuk diri sendiri. Interaksi dan komunikasi yang sangat berlebihan juga membuat kesan yang "spesial" menjadi jauh berkurang atau tidak berkesan lagi. Belum lagi dengan hal ini sangat potensial memicu pertengkaran dan kecurigaanmu pada pasanganmu. Jadi, berkomunikasilah dengan pasangan secukupnya, sewajarnya saja dan manfaatkan waktu yang lain dengan kegiatan yang positif.

4. Manfaatkan dan Isi Waktu Kesendirian

Di dalam hubungan LDR (long distance relationship) godaan yang terbesar adalah bila punya kekasih yang jauh adalah bete saat sendirian. Apalagi disaat malam minggu tiba dimana semua teman-teman, orang-orang terdekat, saudara-saudara sibuk berkencan ataupun bertemu dengan pasangan masing-masing. Kesepian, kebosanan dan juga iri tentu saja ada di dalam pikiran diri kalian. Kalau sudah begini mau gimana lagi? kan pacaran LDR, jadi mana bisa buat jalan berdua. Jangan pernah berpikir untuk mengakhiri hubungan LDR ini. Lebih baik kamu menenggelamkan diri, menyibukkan diri pada segala kesibukan yang mengarahkan pada kegiatan positif. Misalnya sibuk mengikuti kegiatan komunitas, pengajian, dan kegiatan sosial lainnya.

5. Saling Terbuka dan Jujur, Jangan Ada Kebohongan!

Dengan adanya keterbukaan dan jujur pada pasangan, kamu mungkin akan bisa menjadi keharmonisan dalam suatu hubungan LDR (long distance relationship). Sama hal nya dengan pacaran, bisa juga jika ada problem atau masalah harap untuk saling jujur dan bisa memecahkan solusinya bersama. Jangan ada kebohongan dalam suatu hubungan.

6. Buatlah Tujuan dan Manfaat Hubungan atau Pacaran LDR Lebih Bermakna

Bagaimanapun juga kita harus mempunyai tujuan dalam suatu hubungan, baik itu yang sudah menikah, tunangan ataupun pacaran. Jika yang masih pacaran, pertanyakanlah atau buatlah tujuan hubungan ini mau dilanjut ke pernikahan atau tidak? atau ada tujuan lain dari suatu hubungan.

7. Saling Mendukung Satu Sama Lain

Mungkin kamu tidak bisa selalu bersama atau saling mendampingi satu sama lain, tapi kamu harus saling mendukung satu sama lain dari berbagai hal yang dilakukan. Misalnya, mendukung pasangan kamu untuk jauh lebih baik, dan selalu ada untuk dia jika dia sedang kesulitan walaupun hanya membantu lewat chatting dan lain-lain. Tidak harus membantu secara langsung di samping pasangan kamu.

8. Jangan Dengarkan Omongan atau Gosip Negatif dari Orang lain

Di saat menjalanin hubungan LDR (long distance relationship), mungkin banyak gosip atau ocehan dari orang lain tentang pasangan anda di luar sana, tidak ataupun apa yang bisa dibilang gosip yang bersifat negatif. Kunci jangan asal percaya mendengarkan gosip negatif tentang pasanganmu, jika tidak ada buktinya.

9. Tetaplah Bahagia walaupun Jarak Jauh

Walaupun LDR (long distance relationship), kamu dan pasanganmu harus tetap bahagia, karena tidak selamanya pacaran itu bisa selalu di samping pasanganmu. Tapi, dengan cara kamu selalu berpikiran positif terhadap pasangan kamu dan berkomunikasi akan membuat kamu merasa ada di dekat pasanganmu.

Sekian tips dari saya untuk para wanita dan pria yang sedang berhubungan jarak jauh atau LDR (Long Distance Relationship). Supaya hubungan kalian tetap 'awet' coba deh tips saya di atas, terimakasih.