Normalnya kita menghabiskan 7 sampai 8 jam sehari. Belum kalau ternyata kamu harus lembur atau tugas keluar kota. Otomatis waktu istirahat kita tersita. Bekerja memang penting, demi mendapatkan materi maupun sebagai bentuk aktualisasi diri. Namun fisik dan psikis juga butuh istirahat. Setiap perusahaan pasti menerapkan kebijakan cuti bagi karyawannya, Disamping cuti melahirkan, inilah alasan kenapa kamu harus mengambil cuti segera:

1. Hidupmu bukan hanya untuk bekerja, otakmu juga butuh refreshing

Bayangkan, dari 24 jam waktumu, sepertiganya kamu habiskan untuk bekerja. Itupun jika kamu pulang tepat waktu. Belum jika harus lembur atau bahkan membawa pekerjaan yang belum selesai ke rumah. Bahkan ketika sudah sampai di rumahpun kadang smartphone mu berbunyi, ada notifikasi email masuk. Mau tidak mau otakmu masih memikirkan pekerjaan hingga kamu di rumah, saat yang seharusnya kamu manfaatkan untuk istirahat. Bukan Cuma tubuh saja yang capek, otak kamupun juga capek. Otakmu bukan mesin yang bisa terus menerus kamu pakai tanpa bisa complain. Otakmu butuh istirahat, butuh refreshing. Tak ada salahnya kamu ambil cuti beberapa hari untuk merefresh otakmu biar tidak penat. Yakin deh, saat kamu kembali bekerja, tubuh dan akan otakmu lebih fresh

2. Manfaatkan jatah cuti dari tempatmu bekerja

Sebagai karyawan, kita pasti punya jatah cuti yang diberikan oleh perusahaan tempat kita bekerja. Biasanya kebijakan itu berlaku bagi karyawan yang telah bergabung lebih dari satu tahun. Jangan buang kesempatan, manfaatkan jatah cuti sebaik mungkin. Beberapa hari lepas dari beban pekerjaan akan baik bagimu. Lakukan hal yang menyenangkan untuk melupakan sejenak kepenatanmu.

Advertisement

3. Kamu bisa lebih bersosialisasi dengan orang yang jarang kamu temui

Teman kuliah, teman SMA atau bahkan keluarga yang jarang kita temui pasti akan senang kalau kita ajak ketemu atau sekedar ngobrol di cafee shop. Atau mungkin sudah lama kita tidak shopping bareng sahabat, atau sekedar memanjakan diri di salon sembari membahas kekonyolan kita semasa SMA atau kuliah dulu.. Kamu akan dapat dua manfaat sekaligus, tubuh lebih rileks dan silaturahmi dengan teman lama tetap terjalin dengan baik..Positif bukan?

4. Kamu punya lebih banyak waktu untuk memuaskan hobimu

Kesibukan sehari hari pasti menyita banyak waktumu, sehingga kamu tak punya waktu untuk sekedar menyalurkan hobimu. Cuti bisa jadi moment yang tepat untuk memuaskan hobimu. Hunting foto, melukis, menulis novel atau bermain music. Ide ide bisa bermunculan saat kamu bener bener bisa “me time” tanpa diganggu kesibukan kantor.

5. Banyak tempat tempat eksotis yang menunggu untuk kamu kunjungi

Yup…! Satu hal yang wajib ada dalam agenda cutimu adalah traveling! Moment yang pas buat kita mengunjungi tempat tempat yang belum pernah kita kunjungi. Tapi tetep, sesuaikan dengan isi dompetmu, jangan sampai cuti justru membuat kantong kering… Traveling gak harus mahal. Carilah tempat yang tenang dan benar benar bisa kamu nikmati keindahannya. Naik gunung, berselancar, diving..lakukan sesuai hobi dan isi kantongmu pastinya.

Jangan lupa, sebelum ambil cuti, tentukan tanggal yang tepat, kalau bisa pilih tanggal yang berdekatan dengan tanggal merah plus weekend agar cutimu bisa kamu maksimalkan, lebih panjang dan lama pastinya. Nonaktifkan dulu nomer hapemu, dan jangan buka email maupun sosmedmu agar cutimu tak terganggu. Yakin deh sekembalinya dari cuti, kamu akan merasa lebih fresh dan siap bekerja lebih produktif.