Salam rinduku untukmu nenek.

Apa kabar nenekku tercinta? Semoga engkau di sana selalu bahagia, semoga engkau di sana berada di tempat terbaik di sisi Allah S.W.T. Kali ini rinduku tak bisa terbantahkan lagi, bukan dengan sesosok lelaki, tapi dengan seseorang yang menjadi bagian penting dalam kehidupanku.

Senyummu, candamu, dan tingkah polah lucu itu selalu membuat kami tertawa. Dikelilingi dengan cucu, dan cicit, engkau selalu mampu menghadirkan pecah tawa.

Allah selalu mengambil makhluk-Nya yang terbaik untuk diajak ke Surga. Itu adalah harapan yang aku yakini. Dia mengambil tawa itu bukan untuk menjauhkanmu dari kami tapi agar kami semakin dekat dengan-Nya. Agar kami menghargai setiap kenangan indah yang terukir dalam sejarah kehidupan kami. Kami tak akan pernah lepas dari pengaruh dan peranmu, Nenek!

Nasihat dari setiap tutur katamu menjadi bagian yang tidak akan aku lupa, "Jangan lupakan dari mana kamu berasal", "Ingat bahwa di atas langit masih ada langit, selalu tundukkan pandangan".

Advertisement

Teramat petuahmu yang tak bisa aku indahkan, soal jodoh: "Deloken ibadahe, ojo milih ganteng mung ra ngerti ibadah." (Lihat ibadahnya, jangan hanya tampannya).

Kembali aku merindukan sosokmu. Sesak terasa setiap kali aku ingat petuahmu. Mungkin bagimu teramat banyak cucu tapi bagiku engkau nenek terbaik di hidupku! Aku sangat merindukan kamu.

Semoga Allah memudahkan jalanmu di sana. Semoga engkau mendapatkan tempat terbaik di sana. Kami akan selalu merindukan kamu, lewat setiap doa. Semoga kelak kita akan bertemu di jannah-Nya.

I love grandma!

Teringat lagi hal-hal kecil itu. Kelucuan dari mu yang telah mulai memudar soal ingatan, bertanya "Sopo kowe?". Sesaat kemudian melucu sambil menceritakan kenangan manis masa lalu; saat bertemu kakek bahkan merajuk tentang hal-hal kecil. Tersenyum simpul, tertawa renyah hingga nampak gusi-gusi membuat kami merasakan Surga kedua.

I love you grandma, mbah dok, nenek. Sejuta panggilan indah untukmu, semoga engkau Khusnul Khotimah.

Allah, berikan tempat terbaik untuk wanita yang terbaik itu.