Perubahan-perubahan yang selalu direncanakan di tahun-tahun sebelumnya masih belum terealisasi sampai saat ini. Namun jangan patah semangat, itu adalah salah satu cara semesta untuk membuat kita "naik kelas". Jika nafas masih berhembus, maka teruslah mencari perubahan itu, perubahan menuju manusia yang bermanfaat bagi semua orang agar menjadi bahagia. Bukankah kebahagiaan akan lebih bermakna jika berbagi?

"Kita tidak bisa jadi bahagia, kalau kita tidak bikin orang lain bahagia."

-Elisabeth Inandiak-

Fenomena-fenomena yang sedang viral jangalah membuat kita semakin terlelap dalam euforia yang instan. Jadilah orang-orang yang bijak menyikapi setiap perubahan, termasuk perubahan yang ada di dalam diri kita sendiri. Mungkin selama ini salah satu hambatan yang membuat kita terus terkungkung dalam kenidupan yang monoton adalah terlalu mendengarkan kata-kata orang lain. Memang tidak selalu salah, tetapi bukankah kita yang menentukan arah hidup kita sendiri?

Ekspektasi dari orang lain bisa membuat hidup kita secara tidak sadar terkotak-kotak sendiri, kita tidak bisa melihat bintang kita sendiri, bakat apa yang kita punya, terus terlena seiring berakhirnya tahun. Keberanianlah yang memberi energi untuk menghadapi apa yang belum pasti. Keberanian yang memberi kita energi untuk menciptakan bintang kita sendiri. Jelas tidak gampang, but hey, yang gampang-gampang seringnya tidak ada manfaatnya untuk dilakukan. Jadi pertanyaannya cuma satu beranikah kita buat bintang kita sendiri bersinar?

Kadang orang-orang di sekitar kita menentang dan akhirnya membuat kita ragu. Ini bukan cuma tentang kerja keras, ini tentang memberi atensi pada hal-hal detail, antusias di kondisi apapun dan kapanpun itu. presisi menentukan pilihan dan tetaplah konsisten. Terus bangkit, keluar dari zona nyaman memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Advertisement

Ketika ada yang menganggapmu remeh, jangan marah atau bahkan sekedar kesal dianggap seperti daging yang tidak diinginkan. ada gairah tuk membuktikan bahwa kita bukan orang yang mereka kira. Menghadapi tantangan itu satu hal. membuktikan orang lain salah, itu hal lain. Teruslah semangat dengan menjadi pelopor perubahan bagi diri sendiri, keluarga, dan umumnya masyarakat luas. Lakukan hal-hal positif yang belum dilaksanakan di tahun 2016 atau tahun-tahun sebelumnya. teruslah berbenah mencari dan mencari apa yang menjadi bintang kita. Tulis perubahan-perubahan yang akan dilakukan pada tahun berikutnya. proyeksikan jalan hidupmu dari sekarang, kemana perubahan ini akan bermuara? Agar tidak akan sia-sia seperti tahun-tahun sebelumnya.

Buang semua hal-hal negatif yang tidak bermanfaat. Hapus semua penyesalan yang ada karena hidup terlalu singkat untuk disesali. Jalani hidup ini dengan penuh optimisme agar membuahkan hasil yang diinginkan. Jadikan semua perjalanan dan kegagalan hidup sebagai pelajaran berharga yang tidak kita temuka di bangku sekolah. Faktor yang mempengaruhi diri kita untuk melakukan perubahan adalah keraguan. Keraguan yang selalu menghantui kita dalam setiap tindakan sehingga apa yang sudah kita rencanakan tidak membuahkan hasil. Bahkan tidak jarang orang berhenti di persimpangan jalan karena keraguan.

"Keraguan adalah kegagalan."

-Cak Lontong-

Sejalan dengan itu, keraguan yang terlalu lama akan mengahncurkan segala impian yang telah diimpikan. Menjadi takut gagal sebelum mencoba adalah kegagalan terbesar.

"Kegagalan terbesar adalah takut gagal."

-Wishnutama-

Pada akhirnya, setelah memperbaiki semua kesalahan-kesalahan masa lalu, sekarang bersiaplah menjadi pribadi yang lebih dewasa, tahan banting dan kebal terhadap omongan semua orang yang menjatuhkan. selalu ada bagian-bagian tersembunyi dari hidup. Bagian-bagian yang hadir untuk menggenapkan, memilih untuk terus mencari artinya, memilih untuk selalu siap terkejut, karena hidup selalu penuh kejutan. Selalu optimis di setiap langkah, lakukan yang terbaik sehingga ada impact yang dirasakan oleh diri kita, lebih-lebih orang lain. Adakalanya seseorang harus pergi jauh dari dirinya untuk menemukan perjalanannya, mendapatkan apa yang sesuai dengan dirinya dan menjadi alasannya untuk berbahagia. Mereka yang mencari, pasti menemukan.