Menurutku sikap mandiri merupakan salah satu bentuk pengejwantahan dari ketauhidan seseorang. Ketika kita sudah mafhum dengan konsep ketauhidan maka ada konsekuensi independensi dalam hidup kita. Menjadi pribadi yang independent, menjadi orang yang mandiri! Yeah, itu yang menjadi hikmah konsep tauhid. Independensi di sini adalah sebuah pemuliaan terhadap harga diri seseorang, bahwa setiap manusia adalah mulia dan dapat berdiri dengan kaki sendiri (berdikari), diciptakannya makhluk lain adalah sebagai sebuah lahan amal atas ilmu yang kita miliki.

Dulu waktu aku kecil pernah aku berkata “Ah, jadi perempuan itu enak, pengen jadi presiden kalo nggak bisa ya jd ibu presiden, nggak bisa jadi dokter ya jadi istrinya dokter.”Kalimat itu aku nilai sekarang sebagai kesan bahwa nilai perempuan hanyalah sebatas apa yang dilakukan suami. Terus apa jadinya dong kalau jodohnya itu tukang becak atau kuli panggul?

Kini menurutku, cewek harus mandiri. Aku melihat kondisi sosiologis terkadang justru mengangkat perempuan sebagai sosok yang mandiri. Ok, laki-laki emang punya kewajiban untuk bertanggungjawab pada kebutuhan materi keluarga, tapi bukan berarti cewek nggak bisa. Cewek bisa tapi nggak wajib. Cewek punya kewajiban lain yang sama pentingnya, hanya pembagian tanggungjawab saja.

Dan aku pikir, kemandirian harus sudah diasah sejak dini. Kemandirian bukan hanya sebatas pada materi saja. Tapi cewek juga harus punya kemandirian dalam berpikir, menyelesaikan masalah, dan mengambil keputusan. Mandiri itu bisa aku identikan bahwa cewek juga harus "thinkpat" alias berpikir cepat tepat!

Kata siapa cewek cenderung pake perasaan aja sehingga secara pemikiran ia lemah dan kemudian mudah dipengaruhi?Laki-laki juga banyak yang terlalu memakai perasaan. Hanya saja implementasinya kadang lebih terlihat rasional. Perdebatan-perdebatan yang sering emosional, reaksioner, yang kadang juga berimbas pada tindakan fisik, apa namanya kalo nggak terlalu pake perasaan?

Advertisement

Kalau rasional ya tentunya bisa berpikir jernih dong? Ya nggak? So, buat semua cewek, kita harus mandiri baik dalam hal materi, pemikiran, pengambilan sikap, dll. Pokoknya, jadi cewek harus mandiri dan jangan terus bergantung pada orang lain.